Suasana pelantikan KMDT Samosir di Hotel JTS Parbaba, Samosir, Sabtu (8/2/2020)

Samosir, innews.co.id – Mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kawasan Danau Toba dibangun sebagai objek wisata kelas dunia menjadi tugas yang diemban para pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Samosir yang baru saja dilantik oleh Edison Manurung, SH., MM., Ketua Umum DPP KMDT di Hotel JTS Parbaba, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu (8/2/2020).

Badan Pengurus Harian (BPH) KMDT DPC Samosir yang dilantik antara lain, Bolusson Pasaribu sebagai Ketua, Dinar Simbolon (Wakil Ketua), Drs Melani Butar-butar (Sekretaris), dan Magdalena boru Sitinjak dan Salomo Sinaga (Bendahara).

Edison mengajak para pengurus membangun komitmen bersama tentang bagaimana membangun wisata Danau Toba menjadi destinasi mendunia. “KMDT harus berada di garda terdepan bergandengan tangan dengan pemerintah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya wisata yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Edison.

Sementara itu, Bolusson Pasaribu mengatakan, kita yang telah mendapat mandat sebagai kepercayaan dari DPP tidak boleh lipat tangan. “Kepercayaan ini jangan dinodai. Jadilah pejuang dan petarung demi bangkitnya Samosir yang lebih maju. Maju wisatanya, meningkat pendapatan warganya,” seru Bolusson.

KMDT, lanjutnya, adalah tempat orang yang mau mengabdi demi kemajuan Samosir, bukan sekadar tempat parkir nama-nama saja. Sementara itu, Magdalena boru Sitinjak yang juga Anggota DPRD Samosir ini berharap, hendaknya Danau Toba jangan dijadikan tempat buangan sampah. Mari kita tata, jaga, lestarikan agar pesonanya semakin bercahaya ke seluruh penjuru dunia.

“Untuk antisipasi, sangat diperlukan adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan membuang sampah dan limbah ke Danau Toba. Selain itu, Magdalena juga berharap, demi kenyamanan para penumpang angkutan danau, sudah selayaknya ada Tim SAR di Danau Toba,” urainya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, wakil dari Pemkab Samosir Asisten II Drs. Lemen Manurung dan beberapa SKPD, siswa SMA Negeri 2, Kepala Desa se-Kabupaten Samosir, anggota DPRD Parluhutan Samosir dan Nasib Simbolon. Sementara Dewan Pakar KMDT yang hadir diantaranya, Tuntun Sinaga, Martua Situngkir, Ir Mangindar Simbolon, Jenderal Harangan Sitorus, Poltak Siahaan, Toni Rons Hasibuan, Darsono Manurung, dan lainnya. (RN)