Kamaruddin Batubara tegaskan beramal dan berbagi konsep koperasi sesungguhnya

Jakarta, innews.co.id – Virus Corona bak telah menghentikan laju berbagai bidang usaha, tak terkecuali koperasi. Dampaknya pun begitu dirasakan.

Hal ini dikatakan Kamaruddin Batubara Presiden Direktur Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dan Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia yang berada di wilayah Tangerang, Banten.

Lewat pesannya kepada innews, Senin (23/3/2020), Kamaruddin dengan terbuka mengatakan, “Pasti ada dampaknya karena usaha anggota tidak jalan atau tidak optimal disebabkan social distancing. Pun simpan pinjam pasti tidak jalan karena yang kerja juga mau safety, begitu juga retail omset pasti turun. Dengan begitu, otomatis laba koperasi akan turun”.

Menurutnya, mengenai berapa persen penurunan, tergantung lamanya pemerintah bisa mengatasi Covid-19 ini. Jika hanya sebulan mungkin tidak akan ada penurunan. Jika lebih, pasti berpengaruh.

Untuk sementara waktu, lanjut Kamaruddin, kegiatan usaha ‘diliburkan’. Karena simpan pinjam maupun pembiayaan juga tidak jalan. “Omset retail juga turun. Kita berdoa saja, semoga persoalan ini bisa segera diatasi,” tukasnya.

Mengingat kondisi yang demikian sulit bagi dunia usaha, maka penghapusan pajak rasanya akan membantu banyak koperasi. Demikian juga disiapkan pinjaman tanpa bunga atau 0 persen. “Saya berharap pemerintah bisa berempati dengan penurunan kinerja koperasi dengan memberikan pinjaman tanpa bunga dan penghapusan pajak,” pungkasnya. (RN)