Tim LBT Genta Suci Khonghucu bersama umat MAKIN Teko

Bekasi, innews.co.id – Ditengah kian menguatnya sikap egosentris serta spirit primordial ditengah masyarakat dewasa ini, sentuhan kemanusiaan bak oase di musim kemarau. Itulah yang dilakukan oleh Perempuan Khonghucu Indonesia (PERKHIN) bersama Team Leadership Basic Training (LBT) 3 Genta Suci Khonghucu (GSK) melalui kegiatan Bakti Sosial di MAKIN Teko yang terletak di Kampung Teko, Desa Kertajaya, Kecamatan Pembayuran, Bekasi, Minggu (11/8/2019) lalu.

Pemberian 150 paket sembako yang dilakukan secara simbolis di MAKIN Teko, Bekasi, Minggu (11/8/2019)

Berbagai kegiatan mewarnai aksi humanis tersebut di antaranya pemeriksaan kesehatan, pemberian obat, gunting rambut secara gratis dan pemberian bantuan berupa 2 set changsan, pengeboran sumur dan pemasangan penampungan air, serta diadakan kebaktian bersama.

dr. Julia Kurniawati bersama dr. Tuti tengah memeriksa kesehatan masyarakat

Menurut Suryani, Ketua Bidang Peningkatan Peranan Perempuan (P3) sekaligus Ketua PERKHIN, tujuan kegiatan ini adalah agar lulusan LBT peduli terhadap kondisi lingkungan disekitarnya dan mau berbagi kepada sesama dalam mewujudnyatakan nilai dan hidup maksimal.

“Prinsipnya, kalau kamu ingin tegak, bantu orang lain tegak. Kalau kamu ingin maju, bantu orang lain maju,” ujar Suryani kepada innews, Selasa (13/8/2019).

Sambutan Ketua LBT GSK

Selain Suryani, turut hadir dalam acara tersebut, Xs. Eka Wijaya, Ws. HT. Saputra (Ketua Bidang Pelatihan dan Kaderisasi), Gianti Setiawan (Ketua Bidang Dana dan Usaha), Nila Kumala (Penasihat PERKHIN), Johanka (Ketua LBT PERKHIN 1 Bersama Kita Bisa)

Ws. HT. Saputra Ketua Bidang Pelatihan dan Kaderisasi tengah memberikan sambutan di MAKIN Teko, Bekasi, Minggu (11/8/2019)

Sekitar 300 an orang mengikuti kegiatan tersebut. Menurut Suryani, selain umat dari MAKIN Teko, pihaknya juga membagikan kupon pengobatan gratis dan gunting rambut gratis kepada warga di sekitar MAKIN Teko.

dr. Suryaningsih tengah memeriksa pasien

Menurut Rika Ketua Panitia, “Sesuai dengan ajaran agama Khonghucu, kami wajib berbuat kebajikan. Karenanya, kami alumni LBT bersama Tim GSK mengadakan bakti sosial dalam rangka mewujudkan program PERKHIN”.

Kegiatan memotong rambut mendapat banyak respon dari umat

Ditambahkan, dipilihnya MAKIN Teko sebagai pusat kegiatan karena di tempat tersebut air yang digunakan kurang layak. Karena itu dibuatkan sumur bor dan penampungan air serta bantuan lainnya. “Kami bersyukur pelaksanaan bakti sosial ini berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Tim Apoteker yang melayani di Bakti Sosial, di MAKIN Teko, Bekasi, Minggu (11/8/2019)

Sementara itu, Suryani menambahkan, LBT adalah program kerja dari PERKHIN yang bekerjasama dengan bidang Pelatihan dan Kaderisasi. “Puji syukur program ini bukan hanya sekedar pengadakan pelatihan, tapi ada kelanjutan dan kerja nyata dari tiap lulusan LBT. Itu memang yang menjadi harapan dimana kami bisa melatih diri untuk dapat berbagi dan peduli kepada sesama. Harapan kedepan, program tetap berjalan dan tiap lulusan LBT menjadi kader-kader dalam berbuat kebajikan,” jelasnya.

Suryani, Ketua Bidang Peningkatan Peranan Perempuan (P3) sekaligus Ketua PERKHIN

Di sisi lain, Ws. HT. Saputra memberi apresiasi tinggi terhadap aksi sosial dari Tim LBT – GSK. “Saya berharap acara seperti ini bisa terus dikembangkan dan laksanakan dengan tulus dan sepenuh hati sehingga bagi yang menerimapun menjadi bangga dan bangkit rasa percaya dirinya.

MAKIN Teko, tempat acara yang diinisiasi oleh LBT – GSK

Pada kesempatan itu, turut serta sejumlah dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan yakni, dr. Tuti, dr. Suryaningsih, dan dr. Julia Kurniawati. Dukungan obat-obatan merupakan sumbangan dari Apotek Segar Karawang. (RN)