Y. Handoyo Budhisedjati, SH., minta semua pihak awasi Pilpres 2019

Jakarta, innews.co.id – Pertarungan yang akan terjadi pada Pemilihan Presiden 2019 diperkirakan bakal sengit. Namun, diingatkan kemungkinan Pilpres ini dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang justru mau membuat kacau negara ini. Bila kondisi sudah demikian, maka kelompoknya yang akan menuai keuntungan.

Peringatan tersebut disampaikan Yohanes Handoyo Budhisedjati, SH., Ketua Umum Vox Point Indonesia (VPI) yang gencar melakukan pengkajian terhadap kondisi bangsa dan negara. Ditemui di kantornya, Kamis (2/8), Handoyo mengatakan, “Secara kasat mata kita sudah bisa menebak siap-soiapa pihak atau kelompok yang coba mengeruhkan suasana bangsa yang tensinya kian lama semakin memanas ini”.

Mereka adalah pihak-pihak yang acapkali memainkan isu SARA dan dilontarkan ke publik sebagai sebuah wacana yang sangat kental sekali. Demikian juga soal berita bohong yang banyak beredar, meski Handoyo menilai, itu sudah dari dulu.

Handoyo menilai, sejatinya pertarungan yang terjadi di antara kubu koalisi dalam dunia politik adalah hal biasa. Namun, bila ada pihak yang ditunggangi, ini yang berbahaya.

Menurut Handoyo, bila merujuk pada koalisi yang ada, pertarungan yang terjadi sebenarnya antara dua kubu yang sama-sama nasionalis. “Saya optimis Pilpres 2019 akan jauh lebih baik dari Pilkada DKI Jakarta lalu yang kental dengan politisasi SARA,” tandas pria low profile kelahiran Semarang, 6 Maret 1956 ini.

Guna mengeliminasi hal ini, kata Handoyo, masyarakat haruslah cerdas dan tidak mudah terprovokasi. “Betul-betul kita harus bisa menyaring mana hal yang benar, mana yang tidak. Jangan langsung emosi dalam menyikapi sesuatu hal. Begitu juga ketika mendapat kiriman sesuatu, jangan langsung dishare sebelum tahu jelas kebenarannya,” imbuh Handoyo.

Tidak itu saja, Handoyo meminta para organisasi kemasyarakatan untuk secara aktif memantau ‘pertarungan’ dua kubu ini. “Bilamana ada pihak yang memakai isu SARA harus langsung ditegur dan bersuara agar langsung dihentikan. Jangan justru dibiarkan,” tukasnya.

Selain itu, Handoyo berharap agar masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan momentum Pilpres 2019 untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik. “Jangan justru karena merasa hari libur malah plesiran. Datang ke TPS dan coblos sesuai dengan hati nurani masing-masing. Ini sangat menentukan bagi masa depan bangsa,” tuturnya. (RN)