Otty H.C. Ubayani Ketum YKCHI dan IKANOT UNDIP secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Lurah Bukit Duri Achmad Syarief di Kantor Kelurahan Bukit Duri, Rabu (15/1/2020). Bantuan kepada warga terdampak banjir berasal dari 3 lembaga yakni Yayasan Komunitas Cendikiawan Hukum Indonesia (YKCHI), Yayasan Pengembangan Hukum Agraria/Pertahanan dan Kenotariatan (Phakar), dan Ikatan Alumni Notariat (Ikanot) Universitas Diponegoro (Undip) - Foto Azis

Jakarta, innews.co.id – Tiga lembaga secara bersama-sama menggalang ‘kekuatan’ untuk membantu warga terdampak banjir di wilayah Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Pada Rabu (15/1/2020), rombongan dari 3 lembaga masing-masing, Yayasan Komunitas Cendekiawan Hukum Indonesia (YKCHI), Yayasan Pengembangan Hukum Agraria/Pertahanan dan Kenotariatan (Phakar), dan Ikatan Alumni Notariat (Ikanot) Universitas Diponegoro (Undip) tersebut mendatangi Kelurahan Bukit Duri untuk menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Lurah Bukit Duri, Achmad Syarief dan istri, serta sejumlah pejabat di lingkup Kelurahan Bukit Duri.

Tiga lembaga, masing-masing di Kantor Kelurahan Bukit Duri, Rabu (15/1/2020). Bantuan kepada warga terdampak banjir berasal dari 3 lembaga yakni Yayasan Komunitas Cendekiawan Hukum Indonesia (YKCHI), Yayasan Pengembangan Hukum Agraria/Pertahanan dan Kenotariatan (Phakar), dan Ikatan Alumni Notariat (Ikanot) Universitas Diponegoro (Undip) memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di daerah Bukit Duri, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020) – Foto Azis

Sejumlah bantuan yang diberikan antara lain, beras, sembako, pakaian layak pakai, kipas angin, indomie, air mineral, biskuit, alat-alat kebersihan, dan lainnya, diserahkan langsung kepada Lurah Bukit Duri, disaksikan oleh jajarannya.

Secara simbolis, Otty H.C. Ubayani, SH., Sp.N., MH., Ketua Umum YKCHI dan Ikanot UNDIP menyerahkan bantuan yang disusul oleh Ellies Dhaini Ketua Yayasan Phakar.

Ellies Dhaini Ketua Yayasan Phakar secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Bukit Duri melalui Lurah Bukit Duri Achmad Syarief, Rabu (15/1/2020) – Foto Azis

Pada kesempatan itu, Otty mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari para pengurus dan anggota YKCHI, Yayasan Phakar, dan Ikanot Undip, terhadap warga yang terdampak banjir.

Sementara itu, Ellies menambahkan, kiranya bantuan ini bisa ikut meringankan beban warga sehingga bisa tetap tabah dalam menghadapi cobaan ini.

Personil dari 3 lembaga bersama Lurah Bukit Duri di depan Posko Bencana di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020) – Foto Azis

Pada kesempatan itu, Achmad Syarief menjelaskan, di wilayahnya banjir setinggi lebih dari 2 meter dan berhari-hari baru surut. “Warga yang terdampak banjir dialami di 3 RW dan hampir 40 RT, dengan jumlah masyarakat mencapai 22 ribu jiwa,” urainya.

Secara khusus, Syarief menghaturkan terima kasih untuk bantuan yang diberikan dan langsung akan disalurkan melalui RW masing-masing untuk selanjutnya diteruskan ke warga di wilayahnya. “Terima kasih untuk bantuan dari YKCHI, Yayasan Phakar, dan Ikanot Undip. Semoga semuanya diberi rejeki melimpah dan kesehatan selalu,” tutur Syarief.

Suasana pemberian bantuan di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020) – Foto Azis

Dijelaskan pula, bahwa warganya saat ini, khususnya anak-anak sekolah membutuhkan alat-alat sekolah yang ludes terkena banjir. “Banyak anak-anak sekolah di sini yang kehilangan alat-alat sekolah, seperti buku-buku, tas sekolah, sepatu, dan lainnya,” kata Syarif.

Melalui bantuan ini, Otty berharap warga yang terdampak banjir bisa kembali menjalani hidup dengan baik dan semoga kejadian banjir ini tidak terulang lagi. “Kiranya soal banjir bisa menjadi perhatian pemerintah, baik pusat dan daerah. Jangan sampai warga terkena banjir lagi,” tukas Otty. (RN)