Metode belajar di BPK Penabur Jakarta

Jakarta, innews.co.id – Cepatnya perubahan zaman mendorong terciptanya berbagai inovasi, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti yang terus dilakukan BPK Penabur Jakarta.

Dalam keterangan resminya yang diterima innews, Selasa (19/7/2022), Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi mengatakan, “Seluruh insan BPK Penabur harus mampu berinovasi dan menghasilkan penemuan-penemuan baru dalam proses belajar mengajar dan berdampak bagi diri sendiri dan sesama”.

Salah satu inovasi yang dilakukan BPK Penabur Jakarta adalah membuka ruang belajar melalui aplikasi berisi berbagai video pembelajaran dari para guru. Juga terdapat layanan Digital Library (Digilib) yang bisa diakses para peserta didik, pendidik, hingga orang tua.

Sementara itu, Ketua BPK Penabur Jakarta Antono Yuwono menguraikan, BPK Penabur Jakarta juga telah menyiapkan sejumlah desain baru pembelajaran. Di antaranya, mengadopsi konsep sustainability, metode pembelajaran modern, project based learning, serta Penabur Eco School.

Antono mengatakan, “Yang menyiapkan sarana dan prasarana pendukung tumbuh kembang peserta didik sesuai minat dan bakat yang dimiliki”.

Dia menerangkan, ketika menjalani pembelajaran jarak jauh dan hybrid learning, BPK Penabur Jakarta telah melengkapi sarana dan prasarana di kelas dengan peralatan pembelajaran yang mutakhir. Salah satunya, Interactive Flat Panel (IFP).

“Seluruh insan BPK Penabur wajib memiliki komitmen mendukung BPK Penabur yang berani berubah, inovatif, dan inspiratif. Dengan demikian, BPK Penabur akan tumbuh dan berkembang di kota masing-masing,” serunya.

Ditambahkannya, BPK Penabur hadir tidak terbatas hanya untuk melayani di 15 kota saja, tetapi juga siap berbagi kepedulian dan berjuang untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Tahun ini, BPK Penabur memasuki usia ke-72. Tema yang diusung pada perayaan kali ini adalah ‘Berani Berubah, Berkarakter, Inovatif, dan Inspiratif’. Acara HUT akan dilakukan ibadah secara hybrid, Sabtu, 23 Juli 2022, yang diikuti langsung dari 15 Penabur, dengan pusat kegiatan dilaksanakan di Zuri Resort Cipanas. Adapun para penata layanan dan petugas berasal dari 15 kota.

Live streaming dari 15 kota ini baru pertama kali dilaksanakan BPK Penabur. Hal ini dilakukan dengan harapan kegiatan ini akan menjadi sebuah inovasi yang bisa menginspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. (RN)