Yance Mote Ketua Umum HMKPI periode 2021-2025

Jakarta, innews.co.id – Ketua-ketua Aliansi Masyarakat Peduli Ketahanan Pangan Indonesia (AMPKPI) dari 30 provinsi di Indonesia, sepakat memilih Yance Mote, SH., sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Masyarakat Peduli Ketahanan Pangan Indonesia (HMPKPI) periode 2021-2025 di Hotel Redtop Pecenongan, Jakarta, Rabu (10/11/2021) lalu.

Selama ini, Yance dikenal sebagai seorang tokoh intelektual muda dari Papua yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas dari organisasi ini. Menurut Yohanes Unggul, perwakilan dari para Ketua AMPKPI, sebagai ormas nantinya HMKPI akan menjadi partner Pemerintah Pusat dan Kementerian Pertahanan dalam hal membangun ketahanan pangan di Indonesia. “Harapan besar tentu diberikan kepada Yance Mote sebagai Ketum DPP HMKPI, untuk dapat membangun sinergitas yang bernilai positif kepada kementerian/lembaga terkait,” ujarnya dalan siaran pers yang diterima innews, Minggu (21/11/2021).

Di sisi lain, Okferiadi Rasyid Humas DPP HMKPI menjelaskan, kehadiran HMKPI sangat dibutuhkan guna mendukung program Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam hal membangun ketahanan pangan di Indonesia.

Yance Mote bersama Presiden Joko Widodo

“Pemerintah Indonesia telah mencanangkan program lumbung pangan atau Food Estate sebagai cadangan logistik strategis pertahanan negara. Program tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan ketersediaan suplai pangan, terlebih di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, program yang sangat bagus dan baik ini harus didukung secara penuh oleh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Presiden Jokowi pernah menyampaikan, masalah cadangan pangan strategis merupakan salah satu bidang yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan. Tak heran, Menteri Pertahanan ditunjuk sebagai leading sector pengembangan lumbung pangan nasional. Saat ini tengah dikerjakan di sejumlah tempat antara lain, di Kabupaten Kapuas dan di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Meski Menhan menjadi leading sector, namun nantinya akan tetap bekerja sama dengan Menteri Pertanian.

Sementara itu, Yance Mote menegaskan, dirinya siap mengemban tugas dan tanggung jawab memimpin HMKPI. “Tentu ini bukan tanggung jawab yang ringan. Harus dijalankan secara bersama dan massif oleh semua pengurus, baik di tingkat pusat maupun daerah,” ujarnya.

Kedepan, tambah Yance, akan disusun program-program strategis guna mendukung eksistensi organisasi ini. (RN)