Jakarta, innews.co.id – Meluasnya wabah corona berdampak penurunan ekonomi di segala aspek. Salah satu yang terkena imbasnya adalah para pengemudi ojek online (ojol). Sepinya penumpang, membuat pendapatan pengemudi turun drastis.

Menyikapi persoalan ini, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) melakukan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan satu paket beras dan mie instan bagi para pengemudi ojol. Sebelumnya, MATAKIN juga telah melakukan kegiatan pembagian hand sanitizer secara gratis di berbagai wilayah.

Menurut Xs. Budi S. Tanuwibowo Ketua Umum MATAKIN, aksi sosial ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pengemudi ojol tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan golongan.

“Tidak seperti mereka yang bisa bekerja di rumah (work from home), para pengemudi ojol harus bekerja diluar, berjuang mencari nafkah untuk keluarganya. Untuk itu, kami memberikan paket beras dan mie instan kepada mereka,” jelas Budi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa meringankan beban para pengemudi ojol, sekaligus wujud kepedulian umat Khonghucu kepada sesama.

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya ingin mengetuk kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap sesama khususnya di lingkungan terdekat.

Secara khusus, Budi mengajak semua pihak untuk bahu membahu melawan virus corona ini, baik dengan mengikuti anjuran pemerintah dengan menjaga jarak sosial, bekerja dirumah, menjaga kebersihan dan kesehatan serta bersama membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan.

“Tinggalah dirumah, jangan lupa berolahraga dan menjaga kesehatan, jangan keluar rumah jika tidak ada hal yang mendesak. Apabila terpaksa keluar rumah, jagalah jarak sosial dan sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun. Jika sakit, segelah konsultasikan ke dokter. Tetap waspada dan jangan panik,” saran Budi.

Kepada umat Khonghucu, Budi menitipkan pesan agar melakukan persembahyangan dirumah dan perdalamlah Si Shu dan Wu Jing selama menjalani karantina dirumah masing-masing.

Budi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama memerangi wabah covid 19. “Marilah bersama kita perangi wabah ini, ikuti anjuran pemerintah. Peran serta aktif rakyat Indonesia, akan membuat bangsa ini terbebas dari wabah Covid-19,” ujarnya. (RN)