Astaga! Menteri Agama Copot 4 Dirjen Sekaligus, Ada Apa?

Thomas Pentury Dirjen Bimas Kristen yang dicopot Menteri Agama RI

Jakarta, innews.co.id – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, secara mendadak mencopot empat dirjen di lingkungan Kementerian Agama. Keempat dirjen tersebut yakni, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Kristen Thomas Pentury, Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto, Dirjen Bimas Buddha Caliadi, dan Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro. Juga pejabat eselon I lainnya, seperti Inspektur Jenderal dan Kepala Balitbang.

“Pihak Biro Kepegawaian tidak bisa menjelaskan alasan pemberhentian para pejabat eselon I,” ungkap Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, dalam keterangannya, Selasa (21/12/2021).

Menurutnya, lalau mau copot, ya copot semua Dirjen Bimas, bukan cuma agama lain, tapi Islam enggak. Beliau bicaranya selalu moderasi beragama. Ini sudah enggak benar cara berpikirnya,” ujar Thomas.

Dia menambahkan, jika soal kinerja, serapan anggaran di direktoratnya cukup tinggi, yaitu mencapai 98,24 persen. Karena itu, ia menilai ada mekanisme yang tidak benar dalam pemberhentiannya. “Saya secara pribadi benar-benar dipermalukan. Memang saya kasus apa? Kan itu harus clear. Kalau korupsi, baru dicopot. Tapi dicopot tanpa argumentasi kami keberatan,” tegasnya.

Rencananya, para dirjen dan pejabat eselon I yang diberhentikan akan menggugat keputusan tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam waktu dekat, setelah berkonsultasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali dengan santai mempersilakan Thomas dan pejabat lainnya menggugat keputusan pemberhentiannya. “Mutasi dan rotasi sudah sesuai peraturan. Pejabat pembina kepegawaian (presiden) memiliki kewenangan untuk penempatan pegawai dan semua sesuai peraturan perundang-undangan,” terang Nizar. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan