Kyai Rizal Maulana yang akrab disapa Kyai Asyik Ketua Seknas Dakwah Jokowi Jabodetabek

Jakarta, innews.co.id – Kiprah Seknas Dakwah Jokowi tidak hanya dalam lingkup dukungan politik, tapi juga berperan memperkuat nilai-nilai kebangsaan, melakukan dakwah yang menyejukkan, dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyaratatan.

Hal ini secara langsung disampaikan Kyai Rizal Maulana Ketua Seknas Dakwah Jokowi Jabodetabek dalam audiens virtualnya dengan Kepala Staf Kepresidenan RI, Selasa, 22 Juni 2021. “Seknas Dakwah yang didalamnya bergabung para ulama, kyai, habaib, ustadz, ustadzah, dan santri, secara nyata telah berjuang, terutama Pemilihan Presiden 2019 lalu dan berhasil menghantarkan Presiden/Wapres Jokowi-Ma’ruf Amin untuk menjadi pemimpin bangsa,” kata Kyai Rizal yang akrab disapa Kyai Asyik ini.

Para ulama yang tergabung dalam Seknas Dakwah Jokowi Jabodetabek usai melakukan audiens virtual dengan Kantor Staf Kepresidenan, di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (22/6/2021)

Turut hadir pada audiens virtual tersebut para Pengurus DPD dan DPC yang terdiri dari ulama, kyai, habaib, ustadz, dan ustadzah, bersama Kepala Deputi IV KSP, Juri Ardiantoro dan stafnya. “Keluarga Besar Seknas Dakwah Jokowi secara intens selalu giat dalam menjalankan dakwah yang menyejukkan serta menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” kata Kyai Asyik di depan peserta yang dikumpulkan dengan protokol kesehatan di Coffee Bean, Citos, Jakarta, Selatan.

Dia menjelaskan hingga kini, Seknas Dakwah Jokowi solid dengan ribuan jama’ah, baik Majlis Taklim maupun Pondok Pesantren di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Kepala Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro

Kyai Asyik secara gamblang memaparkan sejumlah kegiatan Seknas Dakwah Jokowi yang secara rutin diadakan. Di masa kampanye Pilpres, secara rutin Seknas Dakwah Jokowi melakukan doa bersama di Rumah Aspirasi, juga menghadirkan para kyai, habaib, ustad, dan anggota Majlis Taklim dalam setiap acara debat Capres/Cawapres.

Para ulama datang menemui Jokowi

Kegiatan sosial kemasyarakatan yang kerap dilakukan antara lain, membantu warga yang terdampak banjir di sejumlah wilayah Jakarta dan Bekasi, sejak 2018 hingga kini. Juga aktif dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad, Isra Mi’raj, dan Idul Adha. Selain itu, secara rutin memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu di bawah Yayasan Sosial Yatim dan Dhuafa ‘Mutiara Firdaus Insani’.

“Kami juga secara rutin mengirimkan para Da’i sebagai khotib Jum’at di KSP, BPPT, dan KBN,” lanjutnya.

Kyai Rizal Asyik dalam acara Webinar Nasional, di Jakarta, beberapa waktu lalu…

Tak kalah menariknya, Seknas Dakwah Jokowi memprakarsai Webinar Nasional bertajuk ‘Multaqo Ulama Kebangsaan’. Tidak tanggung-tanggung, hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Kapolda Metro Jaya, Direktur Intelkam PMJ, Direktur Bimas PMJ, dan lebih dari 20 ketua Ormas Islam dan pemuda.

Kiprah Seknas Dakwah Jokowi sudah tidak diragukan lagi. Tak heran, ketika wacana Pilpres 2024 kian santer bergulir, Seknas Dakwah Jokowi bak putri cantik yang diperebutkan. Namun, loyalitas dan integritasnya terhadap Presiden Jokowi, membuat mereka memilih diam. “Kami patuh dengan arahan Presiden Jokowi kepada para relawannya. Hingga saatnya, Pak Presiden sendiri nanti angkat bicara soal Pilpres 2024,” pungkas Kyai Asyik. (RN)