Rombongan PP IPPAT bersama Pengurus Daerah IPPAT Malang dan segenap PPAT memberikan bantuan kepada warga korban gempa bumi di Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/5/2021)

Malang, innews.co.id – Bencana alam yang terjadi di Malang, Jawa Timur, 10 April 2021, menyisakan duka mendalam bagi warga sekitar. Ribuan rumah warga rusak parah.

Sebagai bentuk kepedulian sebagai sesama anak bangsa, Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) turun langsung memberikan bantuan yang dihimpun dari PPAT se-Indonesia, kepada warga korban gempa bumi di Malang, Sabtu (1/5/2021).

Persiapan sebelum meninjau langsung ke lokasi terjadinya gempa bumi

Tampak hadir Dr. Hapendi Harahap, SH., MH., Ketua Umum PP IPPAT, Ellies Daini, SH., MKn., Bendahara Umum, Yulia Mulyawati, SH., Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana, Muharzah Aman, SH., Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Informatika, beserta sejumlah Pengurus Pusat IPPAT lainnya, didampingi Arini Jauharoh, SH., M.Kn., Ketua Pengda IPPAT Kabupaten Malang.

Bantuan berupa uang tunai tersebut diserahkan oleh Hapendi Harahap kepada Plt Camat Sumbermanjing Wetan Agus Harianto, S.Sos., mewakili warga yang terdampak bencana gempa bumi. Hapendi mengatakan bantuan yang merupakan donasi para anggota IPPAT se-Indonesia ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat terdampak bencana alam.

Pengurus Pusat IPPAT bersama Pengda Malang melakukan doa bersama

“Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat terdampak bencana dan membantu pemerintah setempat dalam melaksanakan program pemulihan pasca terjadi bencana gempa bumi,” kata Hapendi.

Dikatakan pula, bakti sosial bertajuk “Bakti Sosial IPPAT Peduli” juga akan digelar di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (2/5/2021), yang wilayahnya diterjang bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

Kata Hapendi, bakti sosial merupakan salah satu progam prioritas PP IPPAT, sebagai wujud kepedulian perkumpulan terhadap sesama. “Kegiatan bakti sosial menumbuhkan rasa empati dan simpati para anggota perkumpulan, dan akan didorong ke seluruh Pengwil dan Pengda IPPAT, agar menggelar aksi serupa jika di wilayah kerjanya terjadi bencana alam”, ungkap pria yang akrab disapa Bang HH ini.

Para pengurus IPPAT menyimak penjelasan terkait kondisi terkini akibat gempa bumi di Malang

Sementara itu, Plt Camat Sumbermanjing Wetan, Agus Harianto, mengungkapkan rasa terima kasih yang dalam atas bantuan yang diberikan oleh IPPAT. “Bantuan ini sangat bermanfaat bagi pemulihan pasca bencana gempa bumi,” ujarnya.

Sementara itu, Arini Jauharoh berterima kasih kepada rekan-rekan IPPAT di selueuh Indonesia atas bantuan yang diberikan sebagai wujud kepedulian sesama anak bangsa. “Bantuan ini merupakan wujud kepedulian kita kepada sesama. Terima kasih kepada rekan-rekan PPAT semua,” ujarnya.

Sayangnya, bakti sosial ini tidak dihadiri Pengurus Wilayah (Pengwil) IPPAT Jawa Timur. (RN)