Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT tengah berada di Danau Sentani, Papua

Papua, innews.co.id – Pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul menjadi fokus kehadiran Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) di Papua. Usai membentuk Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Papua, KMDT juga akan membuat Dewan Pengurus Daerah (DPD) di Wamena dan Timika.

Hal ini disampaikan Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT kepada innews, lewat sambungan telepon, Kamis (10/6/2021). “Kami sudah membentuk DPW Papua dan selanjutnya akan mengukuhkan DPD Kabupaten Wamena dan Timika,” kata Edison.

Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT usai rapat pembentukan pengurus DPW KMDT Papua

Menurutnya, pengembangan SDM Unggul menjadi fokus kegiatan KMDT di Pulau Cendrawasih. “Rakyat Papua harus maju dan memiliki SDM unggul. Dengan begitu, maka kekayaan lokal dapat dikembangkan dan dinikmati guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” jelas Edison yang juga dikenal sebagai Ketua DPP KNPI dua periode ini.

Jajaran DPW Papua yang siap dilantik di antaranya, Hulman Sitinjak, SE., MM (Ketua), Kenan Sipayung, SP., MSi (Sekretaris), dan Rudi Hartono Sihombing, SH (Bendahara). Selanjutnya, kata Edison, Pengurus DPW akan melengkapi jajaran kepengurusannya.

“Kami akan bekerja sama dengan Gubernur, Bupati/Wali Kota di Papua untuk bagaimana mencetak SDM-SDM unggul bekerja sana dengan Universitas Terbuka dan Institut Teknologi Del di Toba sebagai tindak lanjut MoU dengan kedua perguruan tinggi tersebut pada Rakernas KMDT di Balige yang dibuka Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, beberapa waktu lalu,” terang Edison lagi.

Ketua Umum DPP KMDT mengenakan jaket kuning yang disematkan Prof DR Mujadi Direktur UT Provinsi Papua

Dikatakannya, orang Papua cerdas dan punya kemampuan yang baik. Karena itu, kesempatan mengenyam pendidikan setinggi-tingginya harus dibukakan. “KMDT akan memperjuangkan agar pemuda-pemudi di Papua bisa mendapatkan beasiswa untuk jenjang S1, S2, hingga S3.

Tidak itu saja, rencananya, KMDT juga akan mengajak pimpinan daerah di Papua untuk melakukan studi banding ke Danau Toba. “Studi banding ini sangatlah berguna, sebab Danau Toba bukan hanya milik warga Batak, tapi juga rakyat Indonesia dan dunia,” tukasnya.

KMDT berencana melantik DPD di seantero Papua dan daerah lain. Faktanya, animo masyarakat Papua untuk menjadi pengurus KMDT sangat besar. (RN)