Bank Mandiri Bagi-bagi Dividen Rp10 Triliun Lebih

Layanan di Bank Mandiri

Jakarta, innews.co.id – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyetujui 60 persen dari laba bersih atau sekitar Rp10,27 triliun sebagai dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham.

Sekitar Rp6,16 triliun akan disetorkan ke kas negara dengan perhitungan komposisi saham merah putih sebesar 60 persen. Sisanya, 40 persen dari laba bersih tahun lalu akan menjadi laba ditahan.

“Besaran dividen tersebut sangat in line dengan komitmen manajemen untuk bisa berkontribusi secara optimal kepada negara serta keinginan untuk menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah, salah satunya dengan layanan digital banking yang andal dan simpel,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam konferensi pers virtual, Senin (15/3/2021).

Dijelaskannya, porsi dividen ini juga mengindikasikan dukungan yang kuat dari pemegang saham kepada manajemen untuk mengakselerasi rencana ekspansi digital banking perseroan.

Menurut Darmawan, pihaknya cukup optimistis dengan ekspansi digital yang tengah dijalankan karena akan mendukung implementasi fungsi intermediasi Bank Mandiri yang menjadi bisnis inti perseroan.

“Melalui Mandiri Digital, Bank Mandiri telah mengembangkan layanan dan produk perbankan terbaik yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan ritel,” tuturnya.

Sejauh ini, lanjut Darmawan, Bank Mandiri cukup optimistis bahwa industri perbankan di tahun pandemi akan mencatat pembalikan pertumbuhan bisnis menjadi positif. Hal ini didorong berbagai stimulus pemerintah dan regulator untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga, serta perkembangan program vaksinasi dan tren penurunan kasus positif Covid-19 di Tanah Air akhir-akhir ini.

Adapun salah satu inisiatif transformasi digital banking yang telah dilakukan Bank Mandiri adalah dengan memperkenalkan Livin by Mandiri sebagai penyempurnaan aplikasi Mandiri Online.  

Rencananya, Livin by Mandiri diharapkan menjadi superapp yang memanfaatkan pendekatan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan akses layanan keuangan yang lengkap, termasuk ke biller dan produk perusahaan anak sehingga dapat mendukung keinginan perusahaan menjadi salah satu best digital retail bank di Tanah Air. (RN)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan