Bank Bukopin

Jakarta, innews.co.id – Ada 7 bank yang saat ini tengah dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BBYB), PT Bank Mayapada Tbk (MAYA), PT Bank Pembangunan Daerah Papua, PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS), dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Menurut Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna, pihaknya memiliki kewenangan untuk mempublikasikan nama-nama bank terkait pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami boleh mempublikasikan nama-namanya, karena ini jadi bukti bahwa yang kami periksa adalah entitas yang jelas, yang kami soroti adalah proses pengawasannya,” tambah Agung.

Lebih jauh Agung mengakui, dari ke-7 bank tersebut sudah ada sebagian bank yang telah menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut. Sisanya, OJK diminta BPK untuk segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut, sekaligus meningkatkan kinerja pengawasannya.

Terbersit kabar, Bank Bukopin saat ini telah memperkuat posisi permodalan dan telah memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan oleh regulator. Seperti dikatakan Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo bahwa porsi kepemilikan saham di Bukopin sangat kuat. (IN)