Drs. Ramon Torong, MM., Ketua Umum DPP HMKI, pastikan HMKI netral pada Pilkada Karo 2020

Jakarta, innews.co.id – Tanah Karo akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 nanti. Adakah Munas IV Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI), 28-29 November nanti terkait dengan Pilkada ini?

Menurut catatan KPUD Kabupaten Karo, ada 5 pasang kontestan yang akan ‘bertarung’ nanti yakni, Iwan Sembiring Depari-Budianto Surbakti diusung oleh PDI Perjuangan; pasangan Yus Felesky Surbakti-Paulus Sitepu (Golkar, PAN, dan Demokrat); pasangan Cory SriWati Sebayang-Theopilus Ginting (Partai Gerindra dan Perindo); pasangan Jusua Ginting-Saberina Tarigan (Partai Hanura, Nasdem, dan PKPI); dan dari jalur independen pasangan Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba.

Menanggapi hal tersebut, dengan tegas Drs. Ramon Torong, MM., Ketua Umum DPP HMKI mengatakan, “HMKI tidak berpolitik dan harus netral”.

Menurut Ramon, seluruh kontestan Pilkada Karo adalah orang-orang terbaik yang perlu didukung untuk memimpin Tanah Karo kedepan. “Mereka adalah potensi yang dimiliki oleh Karo. Kita dukung mereka semua. Siapapun yang akan terpilih, itulah yang terbaik dari para kontestan yang terbaik,” tukas Ramon di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Dikatakannya, HMKI tidak akan mengarahkan ke salah satu calon. Justru, pihaknya akan mengundang kelima pasang calon tersebut untuk bisa berbicara pada acara Munas nanti. “Ya, kami akan mengundang semua calon Bupati-Wakil Bupati Karo,” kata Ramon.

Ramon memastikan setiap warga Karo punya pilihan berdasarkan nurani masing-masing. “Siapapun yang terpilih nanti harus sama-sama kita dukung sehingga kepemimpinannya akan berjalan baik,” serunya.

Ketum DPP HMKI periode 2015-2020 ini mengajak semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan Munas IV HMKI dan bisa menghasilkan keputusan-keputusan terbaik bagi masyarakat Karo kedepannya. (RN)