Kantor Pusat Kementerian ATR/BPN di Jakarta

Jakarta, innews.co.id – Pelayanan kantor pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tetap berjalan, meski ditengah pandemi dan Bulan Suci Ramadhan, saat ini.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati, Selasa (13/4/2021). “Pelayanan di kantor tetap berlangsung dengan ketentuan. Termasuk di dalamnya adalah dengan memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) mengeluarkan edaran terkait kegiatan bepergian keluar daerah bagi ASN dan juga edaran terkait jam kerja selama Ramadan. Tujuan utama dari dikeluarkannya edaran ini adalah untuk mencegah penularan virus Covid-19 dengan mencegah mudik dan juga mengatur jam kerja ASN.

Atas dasar itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai penyelenggara pelayanan publik dalam bidang pertanahan dan tata ruang, melaksanakan arahan pemerintah tersebut dengan menerbitkan Keputusan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor KP.03/477-100/IV/2021 tanggal 12 April 2021. Salah satu yang diatur di dalam aturan tersebut adalah penetapan jam kerja pada bulan Ramadan 1442 Hijriah bagi pegawai aparatur sipil negara.

“Pelayanan kantor pertanahan tetap berlangsung sesuai dengan ketentuan, memperhatikan Keputusan Menteri ATR/Kepala BPN dan tentu saja terus dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Yulia menambahkan, selama bulan Ramadhan, pada Senin hingga Kamis jam kerja ASN, pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Sedangkan pada Jumat, jam kerja ASN dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 15.30 WIB.

Yulia juga meminta kepada seluruh ASN di lingkungan Kementerian ATR/BPN untuk senantiasa melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu, ia juga menyampaikan jajaran Kementerian ATR/BPN agar menjadi pelopor dan contoh dalam menerapkan 5M (menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasai mobilitas serta 3T (testing, tracing, dan treatmen).

(IN)