KH. Ibnu Mulkan, SO., Si., Ketua Umum Inovasi Mubaligh Nurul Ibad Indonesia (IMANI) (ketiga dari kiri)

Jakarta, innews.co.id – Para mubaligh memiliki tanggung jawab untuk menyiarkan Islam yang rahmatan lil alamin. Untuk itu, para mubaligh juga harus diperlengkapi dengan pemahaman wawasan kebangsaan dan bela negara.

Ini menjadi salah poin penting yang disampaikan KH. Ibnu Mulkan, SO., Si., Ketua Umum Inovasi Mubaligh Nurul Ibad Indonesia (IMANI) kepada wartawan di sela-sela penyelenggaraan Deklarasi dan Rakernas IMANI di Gedung Serba Guna, Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (20/2/2020) kemarin.

KH. Ibnu Mulkan, SO., Si., Ketua Umum Inovasi Mubaligh Nurul Ibad Indonesia (IMANI) menandatangani kerjasama dengan perusahaan teknologi dari Malaysia

Menurutnya, IMANI yang berazaskan ahlussunnah wal ja’maah ala Nadlatul Ulama ini punya tanggung jawab besar untuk mencetak mubaligh-mubaligh yang dalam dakwahnya selalu mempersatukan, mendamaikan, dan mencintai umat, bukan sebaliknya. “Dalam berdakwah kita harus lillahi ta’ala. Dengan begitu, Insyaallah kita dan umat bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dunia akhirat,” kata Mulkan.

Lebih jauh mengatakan, IMANI murni gerakan dakwah sosial yang bertujuan mempersatukan para mubaligh di seluruh Nusantara. Mubaligh yang tergabung di IMANI telah tersertifikasi bela negara. Karenanya, Mulkan mengimbau, baik instansi pemerintah, BUMN, maupun pihak swasta untuk tidak ragu menggunakan para mubaligh di IMANI Indonesia bukan saja memiliki keilmuan yang mumpuni, tapi juga berwawasan luas dan mengikuti kemajuan teknologi.

Kedepan, IMANI akan terus merangkul para mubaligh dan memperlengkapinya dengan ilmu agama, bela negara, serta teknologi. Mulkan beranggapan, saat ini banyak penceramah mubaligh yang ilmunya belum seberapa, tapi sudah mengkafir-kafirkan umat dan mendiskreditkan pihak lain. Mulkan memastikan mubaligh dari IMANI tidak demikian.

Pada kesempatan itu, IMANI Indonesia juga menandatangi kerjasama dengan perusahaan information teknologi dari Malaysia.

Usai penandatangan kerjasama dilanjutkan doa bersama

Sementara itu, Ustad H. Rizal Maulana Ketua Bidang Hubungan Politik dan Lembaga menambahkan, para mubaligh sejatinya memiliki ilmu agama yang baik, sehingga dalam menyampaikan dakwah bisa dengan santun dan rasa penghargaan terhadap sesama manusia.

IMANI akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam menyebarkan dakwah secara baik dan sesuai ilmu agama. “IMANI pun dalam waktu dekat akan hadir di seluruh Indonesia,” pungkas Mulkan. (RN)