Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid

Jakarta, innews.co.id – Hari Koperasi ke-73 tahun ini bakal dilaksanakan secara virtual dan disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi nasional.

Hal ini dikatakan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dalam acara Halal Bi Halal Dekopin yang digelar secara virtual, Senin (1/6/2020) malam.

“Di tengah pandemik Covid-19 gerakan koperasi harus tetap bergerak secara kreatif dan produktif. Salah satunya, kita tetap memperingati dan merayakan Hari Koperasi tahun 2020. Karena 12 Juli adalah hari bersejarah dan Dekopin wajib hukumnya menjaga marwah organisasi gerakan,” kata Nurdin Halid dalam siaran persnya Kamis (4/6/2020).

Menurut Nurdin, Dekopin berkewajiban untuk mengawal sejarah, nilai, prinsip, fungsi, dan cita-cita Koperasi dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Pandemi Covid-19 tidak boleh menghilangkan sejarah yaitu, peringatan Hari Koperasi (Harkop). Dekopin ingin memastikan bahwa sejarah Hari Koperasi 12 Juli tidak boleh terhenti di tahun 2020 ini hanya karena Covid-19. Sebaliknya, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Harkopnas 2020 justru sebuah momentum emas untuk menghadirkan jauh lebih banyak orang, baik dari kalangan pemerintahan maupun dari Gerakan Koperasi dan masyarakat luas,” urai Nurdin.

Nurdin juga meminta Dekopinwil di tingkat propinsi dan Dekopinda di tingkat kabupaten/kota berkolaborasi dengan Pemda di daerah untuk menggelar Harkop secara virtual.

“Kamo berharap Harkopnas 2020 akan memberikan energi positif baru bagi Gerakan Koperasi di masa new normal Covid-19. Gerakan Koperasi harus menjadi mesin penggerak UMKM, petani, peternak, petambak, pengrajin, pedagang kecil, dan nelayan di daerah-daerah untuk bangkit dan terus bergerak maju,” imbuh Nurdin.

Lebih jauh Nurdin menjelaskan bahwa peringatan Harkopnas secara virtual tahun ini akan menghadirkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

“Sesuai tradisi selama 73 tahun usia Dekopin, Hari Koperasi tahun 2020 juga akan mengundang Bapak Presiden, Menko Perekonomian, dan Menteri Koperasi dan UKM. Kami juga akan mengudang semua gubernur dan bupati dan walikota seluruh Indonesia untuk hadir secara virtual. Kami tentu berharap kalangan Gerakan Koperasi bisa ikut memeriahkan Harkopnas tahun ini,” kata Nurdin.

Kehadiran Presiden dan Menteri Koperasi di acara virtual Hari Koperasi 2020 sangat penting dan strategis bagi Gerakan Koperasi maupun pemulihan ekonomi nasional di tengah kegamangan dan ketidakpastian akibat wabah Covid-19 yang berkepanjangan.

Nurdin menilai, di hari penting dan bersejarah itu, gerakan Koperasi seluruh Indonesia akan menantikan arahan Bapak Presiden tentang komitmen beliau ingin mendesain ulang struktur ekonomi nasional agar sejalan dengan amanat Pasal 33 UUD 1945. (RN)