Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti tengah berada di rumah dinas Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Ketum DPP KMDT Edison Manurung

Jakarta, innews.co.id – Upaya mendukung tersosialisasikannya Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas terus dilakukan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT). Salah satunya dengan mengajak Wali Kota Yogyakarta untuk mengunjungi kawasan Danau Toba dalam rangkaian kunjungan kebangsaan.

Didampingi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT Edison Manurung, Wali Kota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti, mengawali kunjungan tiga harinya ke Tapanuli Utara, Selasa, 22 Maret 2022.

Didampingi Ketum DPP KMDT Edison Manurung dan jajaran pengurus KMDT, Wali Kota Yogyakarta mengunjungi Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara, Selasa (22/3/2022)

Di tanah asal orang Batak itu, Walkot Yogya menyambangi Kantor Pusat HKBP di Pearaja dan bertemu langsung dengan Ephorus HKBP Dr. Robinson Butar-butar. Suasana penuh keakraban dan saling berbagi canda mewarnai pertemuan itu. Turut hadir pada pertemuan tersebut, Sekjen HKBP, para Kadep, Praeses serta Kepala Biro di Kantor Pusat HKBP, dan Pengurus KMDT setempat.

“Baik Ephorus HKBP maupun Walikota Yogya saling bertukar cerita, terutama pengalaman mengurus umat beragama,” kata Edison Manurung dalam keterangan persnya, Kamis (24/3/2022).

Selepas bertemu Ephorus, Walkot Yogya dihantar menemui Bupati Taput Nikson Nababan di rumah dinasnya. Lagi-lagi kedua pejabat daerah tersebut saling bersenda gurau. “Kedua pimpinan daerah ini tampak akrab dan penuh kekeluargaan. Walkot Yogya mengungkapkan tantangan yang dirasakan selama mengurus Kota Yogyakarta, demikian juga Bupati Taput,” kata Edison.

Ketum DPP KMDT diaatas kapal pora-pora dari Muara ke Samosir bersama Walikota Yogyakarta

Ikut mendampingi Bupati Taput dalam pertemuan tersebut, antara lain, Kapolres Taput, Dandim, Pengurus KMDT baik di provinsi maupun Taput dan perwakilan Pengurus KMDT D.I. Yogyakarta.

Edison yang juga dikenal sebagai mantan Ketua DPP KNPI yang diundang pada Sidang PBB di New York ini mengungkapkan, didatangkannya pejabat dari daerah-daerah di luar Danau Toba adalah wujud komitmen KMDT untuk terus menggaungkan objek wisata tersebut. “KMDT berharap akan semakin banyak pejabat daerah yang datang ke Danau Toba,” ujarnya.

Kedepan, kata Edison, KMDT dan Walikota Yogyakarta akan memprakarsai kehadiran Desa Tapanuli di Yogyakarta. “Mungkin usai Lebaran tahun ini akan diresmikan. Ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemda Yogyakarta dengan Pemda se-Kawasan Danau Toba untuk memajukan pariwisata dan pendidikan serta menciptakan SDM unggul,” urainya.

Selain itu, Walikota Yogya Haryadi Suyuti akan dikukuhkan oleh Ketua Umum DPP KMDT Edison Manurung menjadi Ketua KMDT DPD Kota Yogyakarta. (RN)