Rapat persiapan kunjungan Gubsu ke Papua yang dipimpin langsung oleh Edison Manurung Ketua Umum DPP KMDT

Jakarta, innews.co.id – Kerinduan warga Sumatera Utara yang ada di Tanah Papua untuk berjumpa dengan pemimpin daerahnya akan segera terpenuhi. Diinisiasi Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), warga Sumut yang berada di ujung Timur Indonesia tersebut, rencananya akan bertemu dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada 14 Oktober mendatang.

“Kami coba menginisiasi kerinduan warga Sumut untuk bertemu dengan Gubsu di Papua,” kata Edison Manurung, dalam siaran persnya yang diterima innews, Minggu (10/10/2021).

Dikatakannya, Gubsu rencananya akan mengadakan silahturahmi dengan warga Sumut yang tinggal di Papua, 14 Oktober, di Hotel Grand AB Jayapura. “Kita berharap Gubsu tidak ada halangan atau pekerjaan mendadak sehingga bisa hadir pada pertemuan tersebut. Sebab, warga Sumut di Papua sudah sangat merindukan momentum bersejarah ini, di mana Gubsu bisa menemui warganya di tanah rantau,” kata Edison.

Dia mengatakan, pihaknya tengah melakukan sejumlah pematangan untuk merealisasikan rencana tersebut. “Perwakilan Pemprov Sumut sudah hadir untuk mengatur acara nantinya,” ujar Edison.

Edison berharap dalam pertemuan nanti warga Sumut bisa memberikan gambaran konkrit bagaimana kehidupan mereka di Papua yang penuh persaudaraan dan soliditas. Apalagi, dengan hadirnya KMDT tentu akan memperkuat ikatan keguyuban di antara sesama masyarakat Batak dan Sumut.

Mantan Ketua KNPI dua periode yang juga pernah mewakili pemuda Indonesia berbicara di PBB ini menjelaskan, saat ini KMDT telah hadir di Papua dengan visi mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik warga Sumut maupun masyarakat asli Papua.

“Kami sudah bersinergi dengan pemerintah setempat, baik di level provinsi hingga kabupaten/kota. Dengan jalinan kemitraan ini, tentu diharapkan kerjasama Papua-Sumut bisa terjalin lebih indah lagi,” tukas Edison.

Tidak itu saja, dirinya telah mengajak sejumlah pejabat daerah di Papua untuk berkunjung ke Danau Toba. (RN)