Theater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur

Jakarta, innews.co.id – Mengikuti anjuran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengenai penutupan sementara lokasi wisata, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan tutup selama dua hari, 16-17 Mei. Dan, akan buka kembali pada 18 Mei 2021.

“Penutupan sementara TMII ini merupakan tindak lanjut surat keputusan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengenai penutupan sementara lokasi wisata,” kata Adi Widodo Kepala Humas TMII kepada innews, Sabtu (15/5/2021).

Dia menjelaskan, selama penutupan sementara TMII pihaknya akan memanfaatkan untuk melakukan perawatan dan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi.

“Kita manfaatkan untuk perawatan lingkungan dan penyemprotan,” ujar Adi Widodo.

Dikatakannya, bagi pengunjung yang telah membeli tiket wahana di TMII secara daring agar bisa menghubungi pihak penyedia wahana untuk penjadwalan ulang.

“Tiket online itu dapat saya pastikan tiket wahana, hal itu bisa dikonfirmasi ke wahana bersangkutan,” tuturnya.

Sementara itu, Drs. Tanribali Lamo, SH., Direktur Utama TMII kepada innews, membenarkan penutupan objek wisata nasional tersebut selama dua hari. “Ya benar, kami tutup selama dua hari, 16-17 Mei,” katanya.

Ditanya apakah ini sebagai dampak membludaknya pengunjung pada tiga hari Libur Lebaran, Tanribali mengatakan, dari hasil pengamatan melalui sistem yang diterapkan pihak TMII, jumlah pengunjung tidak melebihi 30% kapasitas yang dipersyaratkan. “Memang banyak yang ingin berlibur di TMII, hanya saja ketika jumlah pengunjung sudah mencapai 30%, kami melakukan penutupan di pintu masuk. Setelah pengunjung di dalam keluar, baru di buka kembali,” urai Tanribali.

Selain itu, pihaknya memastikan, penerapan protokol kesehatan selama di dalam TMII. “Petugas kami secara rutin melakukan pengontrolan. Bila didapati ada pengunjung yang tidak menggunakan masker akan ditegur langsung,” jelasnya. (RN)