Penandatanganan pakta integritas oleh seluruh Pengurus DPN Peradi, di Jakarta, Senin (21/12/2020)

Jakarta, innews.co.id – Konsolidasi pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) berlangsung dengan tetap mengusung protokol kesehatan yang ketat, di Grand Slipi Tower, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Secara langsung Prof. Otto Hasibuan Ketua Umum DPN Peradi terpilih membacakan nama-nama pengurus yang merupakan kolaborasi generasi senior dan junior. “Kita membutuhkan peran aktif, baik dari advokat senior maupun junior untuk memajukan Peradi, terutama dalam mendorong terwujudnya single bar, sesuai amanat UU Advokat,” ujar Otto Hasibuan lantang.

Dikatakannya, di banyak negara diterapkan single bar. Ini semata karena mau memastikan kepada para pencari keadilan (masyarakat), bahwa advokat yang ada bukan abal-abal, melainkan berkualitas. “Kalau banyak organisasi, tentu standar kelulusan advokat pun akan beragam. Ini sebenarnya sangat berbahaya, terutama bagi masyarakat,” ujar Otto lagi.

Karenanya, dia meminta para pengurus Peradi agar bisa mendorong munculnya single bar, bukan multi-bar. “Harus diakui saat ini Peradi berada di titik nadir. Tentu tidak mudah mengangkatnya. Namun, bila semua pihak solid, saya optimis bisa melakukannya bersama-sama,” serunya.

Pada kesempatan tersebut, seluruh pengurus secara khusus menandatangani pakta integritas. “Kami mau semua aware dan memiliki spirit yang sama dalam memajukan Peradi. Dengan pakta integritas tersebut, bila dikemudian hari dinilai tidak ‘bekerja’ sungguh-sungguh untuk organisasi, maka akan langsung diganti,” tegasnya.

Dia mengajak seluruh pengurus untuk bisa selalu mengingat pakta integritas yang sudah ditandatangani tersebut.

Perayaan ulang tahun Peradi ke-16, berlangsung sederhana, ditandai dengan pemotongan kue yang diberikan secara simbolis kepada advokat tertua dan termuda dalam kepengurusan tersebut.

Rencananya, pelantikan pengurus akan dilakukan pada Januari 2021 dan akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. (RN)