Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Ketua Umum PPI

Jakarta, innews.co.id – Wabah korona yang demikian masif mendera Tanah Air tak menyurutkan niat Pita Putih Indonesia (PPI) yang beraliansi dengan Global White Ribbon Alliance (GWRA), dalam mengkampanyekan pencegahan kematian ibu, bayi baru lahir dan anak, meski dilakukan secara daring.

Hal tersebut disampaikan Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Ketua Umum PPI. Seperti yang dilakukan PPI, Rabu (17/6/2020), dimana diadakan lokakarya virtual bertajuk ‘Penguatan Kapasitas Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas’. Acara tersebut dipandu oleh Enny Susanti Hendrarso Ketua PPI Jawa Timur.

Menurut Giwo, selama pandemi, aktivitas kampanye dan edukasi banyak diselanggarakan secara daring (online) sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

“Sebelum pandemi, PPI sempat menjadi mitra Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam sejumlah kampanye. Kini, PPI tetap berkiprah dan berbuat bagi masyarakat dengan berbagai aktivitas, seperti kampanye, sosialisasi, dan edukasi kesehatan bagi kaum ibu dan anak. Kami menggelar berbagai diskusi atau webinar yang melibatkan banyak pakar, akademisi, dan praktisi,” terang Giwo, Rabu (17/6/2020).

Lebih jauh Giwo mengatakan, memasuki fase kenormalan baru, edukasi yang digelar oleh PPI akan semakin gencar karena new normal mensyaratkan adanya adaptasi seluruh elemen dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam beraktivitas. “Tidak hanya masyarakat pada umumnya yang dituntut beradaptasi dengan kebiasaan baru, namun ibu baru melahirkan dan bayi baru lahir pun dituntut adapatasinya dengan kebiasaan baru,” serunya.

Pentingnya pencegahan kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir juga menjadi target pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs). “Perlu kampanye dan edukasi yang masif agar target tersebut bisa tercapai, meski Indonesia tengah dihantam pandemi Covid-19,” pungkas Giwo. (RN)