Doa lintas agama yang diadakan PP IPPAT mendapat respon positif dari segenap PPAT di seluruh Indonesia, Sabtu (24/7/2021)

Jakarta, innews.co.id – Lantunan doa lintas agama yang diadakan Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT), Sabtu (24/7/2021), sore, merupakan bentuk perjuangan para PPAT agar Indonesia bisa segera terbebas dari pandemi.

“Kita harus ekstra hati-hati melindungi diri sendiri dan keluarga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Dengan begitu, maka penyebaran virus Corona bisa tidak meluas,” kata Dr. Hapendi Harahap Ketua Umum PP IPPAT saat membuka Doa Bersama Lintas Agama yang diadakan secara virtual.

Dr. Hapendi Harahap Ketua Umum PP IPPAT membuka acara Doa Bersama Lintas Agama, Sabtu (24/7/2021)

Menurutnya, PPAT rentan terpapar Covid-19, karena dalam menjalankan tugasnya kerap bertemu dengan banyak orang. “Kita harus komitmen, mulaindari diri sendiri untuk benar-benar menerapkan prokes, menjaga imun tubuh agar stabil, dan bila perlu dalam melaksanakan pekerjaan memanfaatkan teknologi kekinian,” ujar Hapendi lagi.

Pada kesempatan itu, lantunan doa diawali dari agama Hindu yang dilakukan oleh Agung Tri Satya Nugraha dan I Made Dermawan, dilanjutkan dengan Buddha yang dilakukan oleh Lindia Halim. Serta dilanjutkan dari Kristen/Katolik yang menghadirkan Pendeta I Nyoman Djepun.

Para peserta yang adalah PPAT se-Indonesia mengikuti kegiatan doa bersama ini dengan khusuk

Dalam siraman rohaninya, Nyoman Djepun mengatakan, kondisi saat ini memang serba susah. Namun, bukan berarti tidak ada peluang yang bisa dimanfaatkan. “Kita harus mengimani bahwa Tuhan sanggup mengadakan mukjizat, termasuk menghilangkan wabah ini dan memulihkan Indonesia,” kata Pendeta Nyoman.

Dia menambahkan, sebagai umat yang percaya Tuhan, kita tidak hanya menyerahkan hidup kita dalam tangan Tuhan, tapi juga berani melakukan tindakan-tindakan positif, termasuk disiplin menerapkan prokes. “Beriman saja tidak cukup, tapi harus disertai tindakan nyata sebagai wujud dari iman kita,” ujarnya.

Pdt I Nyoman Djepun

Sementara itu, Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., MH., Sekretaris Umum PP IPPAT mengajak seluruh PPAT untuk bersama-sama dan bersatu padu, turut serta membangun kebersamaan dan perjuangan melawan pandemi Covid-19. “Hanya dengan bersatunya kita, maka Covid-19 akan bisa kita hilangkan. Kita semua harus bersatu untuk memulihkan negeri ini,” pungkasnya. (RN)