pengamat sosial politik nasional DR. John N. Palinggi, MM., MBA., di ruang kerjanya, Rabu (26/2/2020)

Jakarta, innews.co.id – Virus corona (Covid-19) telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Bersyukur, Pemerintah Indonesia cukup mampu menangani masuknya virus mematikan tersebut. Pemerintah telah bekerja keras. Kinerja Presiden Joko Widodo bersama jajarannya-khususnya Menteri Kesehatan RI, patut diapresiasi.

Hal ini dikatakan pengamat sosial politik nasional DR. John N. Palinggi, MM., MBA., di ruang kerjanya, Rabu (26/2/2020). “Kita bersyukur, pemerintah begitu cekatan membuat langkah-langkah konkrit guna menghadang virus tersebut masuk. Bahkan, ketika membawa warga Indonesia dari Wuhan, tampak sekali pemerintah sangat berhati-hati dan memastikan semuanya aman dari virus itu,” kata John.

Memang diakui, dampak virus Covid-19 terhadap perekonomian cukup besar. Paling tidak, sejumlah kontrak bisnis antara Indonesia dengan China jadi tertunda. “Pasti ada dampaknya (di bidang bisnis dan ekonomi). Karena kita ke sana tidak bisa, begitu juga sebaliknya,” terang John.

Sebagai pengusaha, John juga merasakan dampaknya lantaran kontrak bisnis dengan salah satu perusahaan China jadi tertunda.

“Ya kita doakan persoalan virus corona ini bisa segera diatasi. Paling tidak dalam 2-3 bulan kedepan, China sudah normal kembali. Kita harus bersabar,” serunya.

John berkeyakinan, Pemerintah Indonesia mampu membendung masuknya virus korona ke Indonesia. “Kinerja Menteri Kesehatan patut dipuji. Dengan kerja keras dan kepiawaiannya, Menkes Terawan Agus Putranto mampu meredam masuknya virus tersebut dan memastikan rakyat Indonesia tidak terjangkit,” tukasnya.

Selain melakukan sterilisasi di sejumlah pintu masuk, seperti pelabuhan dan bandara, pemerintah juga melakukan pemeriksaan kesehatan ketat kepada mereka yang datang ke Indonesia. “Ini menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam menjaga rakyatnya,” imbuh John yang juga dikenal sebagai Sekretaris Jenderal BISMA, sebuah wadah para tokoh lintas agama. (RN)