Hj. Diana Dewi Ketua Umum Kadin DKI Jakarta

Jakarta, innews.co.id – Dari perspektif ekonomi, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pasti akan sangat berdampak besar. Namun di sisi lain, yang perlu dipahami adalah perekonomian pasti tidak akan berjalan maksimal apabila tingkat laju paparan Covid-19 di masyarakat tidak dikendalikan.

Hal ini dikatakan Hj. Diana Dewi, SE., Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Provinsi DKI Jakarta kepada innews, Sabtu (3/7/2021). “Ini bukan sesuatu yang mudah. Namun, kesehatan masyarakat adalah hal yang utama,” kata Diana Dewi.

Untuk itu, lanjutnya, Kadin DKI sepakat dengan pemerintah untuk mengutamakan kesehatan masyarakat dahulu agar Covid-19 dapat dikendalikan.

Mengenai rumor PHK besar-besaran bila kondisi tetap seperti ini, menurut Diana, para pelaku usaha telah berkomitmen bahwa PHK merupakan sebuah alternatif terakhir. “Sejauh ini saya melihat komitmen tersebut masih dapat dipegang teguh oleh para pelaku usaha di DKI Jakarta. Namun kami kembali mengingatkan kepada para pekerja dan pelaku usaha untuk sedapat mungkin melakukan komunikasi secara bipartit secara efektif agar para pekerja juga memahami kesulitan yang dihadapi perusahaan, sehingga akan muncul sebuah keputusan yang win-win,” sarannya.

Dirinya juga mengatakan, pemerintah sudah memperpanjang beberapa stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha di sektor industri, terutama yang berorientasi ekspor dan padat karya. “Namun untuk lingkup DKI Jakarta kami mengingatkan kepada pemerintah bahwa sektor perdagangan dan jasa juga terimbas cukup dalam akibat Covid-19. Terlebih di dua sektor tersebut terdiri dari UMKM yang juga memerlukan bantuan untuk dapat menggerakan perekonomian di tingkat bawah. Untuk itu perlu dirumuskan juga bentuk stimulus yang tepat untuk dapat membantu UMKM tersebut,” ujar Diana yang juga Komisaris Independen di PT Angkasa Pura Supports ini.

Diana yang juga CEO PT Suri Nusantara Jaya ini menambahkan, “Kami sangat memahami bahwa pemberlakuan PPKM Darurat ini sangat berat bagi dunia usaha. Namun ini adalah sebuah pilihan untuk dapat mempercepat pengendalian Covid-19.

Menurutnya, tanpa kondisi yang terkendali, maka sangat berat untuk meningkatkan perekonomian. “Kita sama-sama berjuang dan tetap patuh terhadap aturan pemerintah seraya berharap dan berdoa semoga kita semua dapat segera melalui kondisi ini dengan baik, dan aktvitas masyarakat akan bisa kembali secara normal,” tukasnya. (RN)