Etty Purba, berjuang dengan ikhlas menuju IPPAT Jabar Visioner

Jakarta, innews.co.id – Langgam langkahnya pasti saat mencalonkan diri menjadi Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengwil IPPAT) Jawa Barat, yang rencananya akan digelar 4 Januari 2022 nanti. Sederet pengalaman berorganisasi, baik di level daerah, wilayah, dan pusat, telah membuatnya matang untuk ikut kontestasi.

Wanita energik bernama lengkap Juniety Dame Purba, SH., Sp.N., MH., yang akrab disapa Etty ini adalah sosok Notaris/PPAT senior. Dirinya telah 16 tahun malang melintang, baik di pekerjaan maupun organisasi, tepatnya sejak 2005 silam. Alumnus kenotariatan dari Universitas Indonesia ini dikenal cerdas, cekatan, serta cermat dalam melakoni berbagai aktifitasnya.

Etty dikenal kerap membuat acara yang bertujuan meningkatkan kapasitas PPAT dan Notaris di Karawang

“Niat saya untuk maju lebih didorong semata untuk menjadikan IPPAT Jawa Barat visioner, lebih maju, dan bermartabat,” ungkapnya kepada innews, Senin (15/11/2021).

Ketua Pengurus Daerah IPPAT Karawang dua periode ini melihat selama ini perlindungan dan advokasi terhadap anggota masih kurang. Padahal, itu menjadi hal yang sangat penting. Tentu saja, IPPAT harus bersinergi dengan para penegak hukum lain, seperti kepolisian, kejaksaan, hakim, dan organisasi pengacara. “Kita harus mulai dengan membangun sinergi. Dengan begitu, akan muncul kesepahaman akan tugas dan profesi PPAT,” terang Anggota Bidang Organisasi di Pengurus Pusat IPPAT ini.

Etty Purba mampu menjalin relasi dengan berbagai pihak

Hal lainnya yang akan ia perjuangkan adalah memaksimalkan hubungan dengan para stakeholders, baik di tingkat daerah, provinsi, sampai pusat. “Selama ini seperti ada barrier dalam hal tersebut. Kita akan coba maksimalkan,” tutur Ketua Bidang Hubungan Antar-Lembaga Pemerintahan dan Pajak Pengwil IPPAT Jabar ini.

Dirinya juga terfokus pada persoalan peningkatan kualitas bagi anggota yang dirasa masih kurang selama ini. “Tentu akan kita tingkatkan dengan cara mengupdate ilmu melalui seminar-seminar, pelatihan, dan lainnya, kata Etty.

Etty Purba bersama kawan-kawan yang terhimpun dalam ‘Sahabat Etty’

Yang tak kalah menariknya dalam visi yang diusung Etty adalah mendorong pemerataan kesejahteraan bagi segenap anggota IPPAT Jawa Barat. Sudah barang tentu bila dirinya dipercaya memegang tampuk pimpinan, optimalisasi kegiatan akan dilakukan, termasuk dengan Pengda-Pengda. “Kita akan lakukan kegiatan, termasuk kerjasama dengan Pengda-Pengda yang sifatnya untuk kepentingan anggota karenan Pengda itu langsung berhubungan dengan anggota,” seru ibu dari dua anak ini.

Memberi kontribusi nyata bagi kemajuan IPPAT di Jawa Barat

Etty yang saat ini tengah menyelesaikan studi program Doktor di Universitas Jayabaya ini dinilai sebagai sosok yang tepat memimpin IPPAT Jawa Barat. Selain pengalaman berorganisasi, kiprahnya juga dikenal luas di berbagai kalangan. Sesuainya dengan visinya ‘Membangun IPPAT Jabar yang Berintegritas, Mengayomi, dan Taat Azas”, Etty mengusung tagline ‘Tulus Mengabdi, Semangat Berkontribusi, Menuju IPPAT Visioner”. (RN)