Ikan mas seberat 15 kg yang diperoleh warga di pesisir Danau Toba

Dairi, innews.co.id – Ikan mas seberat 15 kilogram berhasil ditangkap warga di pesisir Danau Toba, tepatnya di Desa Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (7/8/2020) lalu.

Dalam keterangannya, Kepala Desa Silalahi 3, Rincon Situngkir mengatakan, di Danau Toba banyak ikan mas berukuran besar. Sebelumnya, ada 2 ekor ikan mas dengan memiliki berat masing-masing sekitar 12 kg yang juga didapatkan warga saat memancing.

“Saya yakin, ikan mas yang berukuran lebih besar dan lebih berat di atas 20 kg pun masih ada di Danau Toba ini. Banyak warga yang mengaku sering melihat ikan mas lebih besar dari 15 kg itu. Warga melihat saat ikan mas itu muncul di permukaan air di Danau Toba,” kata Rincon.

Ditambahkannya, biasanya hasil pancingan warga untuk dikonsumsi di rumah, tapi ada juga yang menjual ke pasar.

Sementara itu, Kepala Dusun Silalahi, Peter Sihaloho menyampaikan, ikan mas berukuran besar sering muncul di permukaan Danau Toba. Kondisi ini membuat pihaknya menyediakan tempat khusus pemancingan untuk masyarakat di sana.

“Ikan mas ukuran besar yang didapatkan pemancing tidak masalah jika dikonsumsi. Saya juga pernah mencicipi daging ikan mas ukuran besar itu. Rasanya tidak jauh berbeda dengan ikan mas ukuran biasanya. Ikan mas di Danau Toba ini memiliki rasa tersendiri jika dibanding dengan ikan mas di luar,” akunya.

Danau Toba memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal sekitar 1.600 meter. Danau Toba yang terbentuk karena letusan gunung berapi sekitar 74.000 tahun lalu itu, berada pada wilayah 7 kabupaten di Sumut.

Tujuh kabupaten yang memiliki perairan di Danau Toba itu yakni, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tanah Karo dan Kabupaten Samosir. (IN)