Para pengurus Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia bersatu padu wujudkan SDM yang handal

Banten, innews.co.id – Memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam sebuah usaha akan mendorong pencapaian kerja yang maksimal. Demikian juga berlaku pada dunia perkoperasian.

Kamaruddin Batubara Presiden Direktur Kopsyah BMI tengah memberikan bimbingan kepada peserta

Sadar akan pentingnya memiliki SDM yang unggul, sejak dulu Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI) yang berkantor pusat di Tangerang ini secara rutin melaksanakan pelatihan kepada semua orang yang terlibat dalam koperasi tersebut. Tidak hanya bagi mereka yang di kantor pusat saja, tapi tiap-tiap cabang mendapat kuota dan kesempatan besar untuk ikut pelatihan tersebut.

Seperti di tahun 2019 ini, dilakukan pelatihan hingga 8 angkatan. Menurut Presiden Direktur BMI Kamaruddin Batubara, SE., ME., “Pendidikan Perkoperasian untuk anggota Kopsyah BMI tahun 2019 ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sesuai dengan RK-RAPB yang telah dibuat”.

Pembicara tampak begitu antusias berbagi ilmu dengan para insan-insan perkoperasian

Lebih jauh Kamaruddin menjelaskan, tujuan pendidikan perkoperasian ini adalah untuk memberikan edukasi terkait dengan arti berkoperasi dan peserta harus memahami hak dan kewajiban sebagai anggota Kopsyah BMI.

Selain itu, peserta juga dibekali pengetahuan terkait dengan 5 pilar pemberdayaan Kopsyah BMI yaitu, Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Sosial, dan Spiritual.

Pentingnya pelatihan, kata Kamaruddin, supaya anggota ada peningkatan dalam sisi ekonomi, kesehatan terjaga dan tahu pentingnya pendidikan, jiwa sosialnya meningkat dan jiwa spritualnya tumbuh.

Para peserta tampak begitu semangat mengikuti acara pelatihan

Di 2019 ini, 8 angkatan pelatihan diadakan antara lain di Hotel Horison Al-Tama Pandeglang (untuk wilayah cabang Pandeglang dan cabang Lebak); Hotel Le-Dian Serang (Wilayah Cabang Serang); Hotel Yasmin Karawaci (Wilayah Cabang Tangerang 1 dan Tangerang 2).

Dari sisi peserta, total yang mengikuti pelatihan sebanyak 600 orang yang diurai sesuai angkatannya. Untuk Angkatan I dan II, masing-masing diikuti 75 peserta, sementara untuk Angkatan III hingga VIII masing-masing diikuti oleh 150 peserta.

Suasana pelatihan dan pembekalan yang memiliki banyak manfaat yang dibidani oleh Kopsyah BMI

Harapannya, melalui pelatihan ini para anggota Kopsyah BMI mengalami peningkatan dalam sisi ekonomi, kesehatan, dan pentingnya pendidikan, menajamkan jiwa sosial dan menumbuhkan jiwa spritual.

Berbagai materi pendukung yang memperlengkapi peserta disampaikan oleh para narasumber yang kompeten, diantaranya, Kamaruddin Batubara, SE., ME., Presiden Direktur Kopsyah BMI yang menyuguhkan ulasan tentang ‘Perkoperasian dan Model BMI Syariah’.

Para narasumber memberikan pemaparan dengan tema-tema terkini

Ada juga pemateri Radius Usman, S.Si., MM., Wakil Presiden Direktur Kopsyah BMI yang menghidangkan mengenai ‘Siklus Hidup dan Financial Literasi’. Selanjutnya, Yayat Hidayatullah, ST., MM., Direktur Operasional Kopsyah BMI yang menyoroti tema ‘Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat Serta Pemeliharaan Kamar Mandi’.

Tema ‘Pendidikan Anak Sebagai Investasi Masa Depan dan Bekal Masa Tua’ dibawakan oleh Agus Suherman, SH., selaku Direktur SDM dan Makhrus, SE., Direktur Keuangan dan lainnya.

Para peserta mendapat tambahan ilmu dari para pakarnya

Guna memperkuat naluri wirausaha, dihadirkan pembicara Irsyad Moehtar, SH., MM., Pemred Majalah Peluang yang mengetengahkan tema ‘Membangun Jiwa Wirausaha’.

Sementara itu, H. Hendri Tanjung. P.hD., Ketua Pengawas Syariah dan Dr. H. Trisiladi Anggota Pengawas Syariah tampil dengan tema religius ‘Ziswaf Sebagai Bekal di Dunia dan Akhirat’.

Kamaruddin Batubara berharap ilmu yang didapat bisa diaplikasi sehingga pekerjaan pun akan meningkat

Menurut Kamaruddin, pendidikan dan pelatihan menjadi sarana dan wahana yang tepat untuk meningkatkan kualitas SDM. Ini dilakukan secara rutin tiap tahunnya. (RN)