Jakarta, innews.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa selaku pengelola Gojek melakukan pelatihan wirausaha dalam upaya meningkatkan pengembangan usaha dan pemasaran para pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pelatihan yang mengambil tema ‘Pelatihan Digital Marketing Go-Nusantara’ ini, dibuka oleh Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Perkoperasian, Drs Talkah Badrus, MM, di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Selain Talkah Badrus, acara tersebut, juga dihadiri Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Selatan II Rizaldi dan Senior Manager Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek Presthysa Nagitha.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Talkah Badrus memberi sambutan sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Pelatihan Digital Marketing Gerakan Online Nusantara kolaborasi antara Gojek dan Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Senin (08/07/2019). Hadir dalam acara Senior Manajer Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik GOJEK Presthysa Naqitha dan Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jakarta Selatan II Rizaldi

Menurut Talkah, para pelaku usaha, mau tidak mau harus mulai mengikuti perkembangan teknologi. Kerja sama seperti ini, katanya, sangat diperlukan, karena sebagian besar pelaku UMKM belum memiliki kemampuan atau pengetahuan di bidang teknologi, sehingga pengembangan usahanya dapat dikategorikan sulit berkembang atau jauh ketinggalan dengan UMKM yang lebih dahulu mengikuti perkembangan teknologi.

“Karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan kerjasama dengan Gojek ini, tidak lain bertujuan untuk mendorong agar para pelaku UMKM melek terhadap teknologi. Maka tindak lanjut dari MoU sebelumnya, kita melakukan pelatihan-pelatihan, termasuk di dalamnya pelatihan terkait usaha menggunakan teknologi, dengan program ‘GO NUSANTARA’, yakni Gerakan Online Nusantara,” katanya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data Kemenkop dan UKM, tahun 2018, 99 persen industri Indonesia ditopang oleh UMKM. Dengan total 62 juta unit Gojek yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara, UMKM menjadi solusi dalam menciptakan banyak lapangan kerja, dimana UMKM merupakan basis terbesar di tanah air dalam upaya meningkatkan perekonomian nasional.

Kolaborasi antara Kemenkop dan UKM dengan Gojek ini, diharapkan dapat menjadi solusi dari tantangan-tantangan para pelaku UMKM melalui pelatihan dan edukasi bagi para pelaku UMKM agar mereka dapat mengakses pasar yang lebih luas melalui teknologi.

Sementara itu, Senior Manager Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek, Presthysa Nagitha mengatakan, UMKM berpotensi untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. “Namun demikian, terdapat tantangan yang dihadapi oleh UMKM mulai dari keterbatasan pada akses pasar yang lebih luas, akses ke teknologi, serta akses pada peningkatan skill,” kata Presthysa.

“Komitmen ini ditunjukkan melalui program Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara (Go-Nusantara), sebuah program pelatihan berbisnis yang diberikan oleh Gojek kepada pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka,” ujarnya menambahkan. (RN)