Oesman Sapta Odang Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia

Jakarta, innews.co.id – Selama ini, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sudah berkibar dan terbukti telah menjadi maslahat bagi pelaku usaha kecil menengah. Untuk itu kedepan, Kadin akan terus fokus pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat terus tumbuh dan berkembang.

Penegasan ini disampaikan Oesman Sapta Odang (OSO) dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia 2020 yang diadakan secara virtual bersama para pengurus Kadin seluruh Indonesia di Jakarta, Jumat (9/10/2020) malam.

Rapimnas yang dibuka Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ini, mengusung tema, “Membina dan Mengembangkan UMKM untuk Ketahanan Nasional”. Sekitar 257 peserta se-Indonesia tampak antusias mengikuti jalannya pembukaan Rapimnas tersebut.

“UMKM membutuhkan banyak pembinaan, perhatian, dan pengembangan dari Kadin Indonesia. Kalau usaha besar sudah lebih kuat sehingga tidak membutuhkan Kadin Indonesia. Kadin fokus yang kecil, menengah, dan UMKM saja agar dapat tetap tumbuh serta berkembang ditengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini,” jelas OSO.

Kepedulian Kadin Indonesia terhadap UMKM mendapat apresiasi dari Ketua MPR RI. “Saya memgapresiasi semangat Kadin Indonesia yang meski di masa pandemi ini tak menyurutkan langkah untuk memikirkan berbagai persoalan kebangsaan, terutama bidang perekonomian yang menyentuh kehidupan rakyat yaitu, UMKM,” ujar Bamsoet–sapaan akrab Bambang Soesatyo, dalam sambutannya.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Eddy Ganefo menguraikan pencapaian dan peran serta Kadin selama 5 tahun berkibar dengan program-program andalannya. “Kadin Indonesia tidak hanya eksis, tapi juga memberikan warna serta manfaat kepada dunia Usaha Kecil Menengah, khususnya UMKM,” tutur Eddy.

OSO yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia ini meminta Kadin Indonesia untuk berorientasi kepada UMKM. OSO juga melarang Kadin agar jangan sampai hanya besar di pusat, sedangkan di daerah tidak ada.

“Saya harap Kadin harus berorientasi pada UMKM. Saya ini orang daerah. Jadi, saya harus memperhatikan kepentingan daerah. Mari gandeng DPD RI untuk kepentingan UMKM,” tegas OSO seraya menambahkan, Kadin sangat dibutuhkan oleh seluruh wilayah di Indonesia, terutama di daerah.

Maka harapannya, sektor perekonomian di daerah bisa maju. “Jangan harap Indonesia bisa maju kalau daerahnya tidak makmur,” ucapnya.

Selain itu, OSO juga berharap agar Kadin seperti piramida untuk masyarakat. Artinya, Kadin besar di bawah dan kecil di atas. “Jadikan Kadin itu piramida, besar di bawah, kecil di atas, bukan kecil di bawah, besar di atas, itu tidak benar,” tukasnya. (RN)