Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan LPS Koperasi Nusantara melaksanakan uji kompetensi bagi para pengelola UMKM secara gratis, di Sekretariat KADIN DKI, Rabu (6/7/2022)

Jakarta, innews.co.id – Kompetensi para pengelola usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus dapat menyesuaikan dengan tuntutan zaman dan perkembangan dunia usaha. Guna mencapai hasil maksimal, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan LPS Koperasi Nusantara melaksanakan uji kompetensi bagi para pengelola UMKM secara gratis.

“Karakteristik dan kompetensi kewirausahaan merupakan dua faktor penting yang diperlukan pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan dalam dunia bisnis yang dinamis dan mencapai kinerja usaha tinggi. Untuk itu, perlu pembinaan yang berkelanjutan untuk dapat naik level,” kata Hj. Diana Dewi, SE., Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, dalam pembukaan Uji Kompetensi yang dilaksanakan di Sekretariat KADIN DKI, Rabu (6/7/2022) kemarin.

Dalam siaran pers yang diterima innews, dikatakan, kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung dalam beberapa sesi dan diharapkan dapat mendorong pengelola UMKM lebih memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan dalam mengelola UMKM secara baik.

Dijelaskan, pelaksanaan uji kompetensi ini dilakukan berdasarkan skema yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional bidang kewirausahaan. Sehingga diharapkan para pengelola UMKM di DKI Jakarta dapat memiliki standar kompetensi yang baik. Sehingga kedepan dengan bekal pengetahuan dan kompetensi pengelola yang terstandar, akan lebih memudahkan untuk dapat melakukan pembinaan agar dapat bisa naik kelas.

“Kedepan KADIN DKI Jakarta akan lebih memfokuskan kegiatannya pada peningkatan kompetensi bagi para pelaku dan pengelola UMKM agar dapat memiliki daya saing yang mumpuni di era globalisasi saat ini,” pungkas Ketua Umum KADIN DKI Jakarta. (RN)