Teten Masduki MenkopUKM tengah mengunjungi Grand Smesco Hills

Bogor, innews.co.id – Berada di atas lahan seluas 12 hektar, Grand Smesco Hills, milik Kementerian Koperasi dan UKM, yang terletak di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, akan dijadikan tempat pelatihan bisnis.

Hal tersebut dikatakan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM saat mengunjungi tempat tersebut, Jumat (30/7/2020). “Manajemen mau kita benahi. Saya memiliki ide-ide, untuk dikembangkan menjadi tempat pelatihan design model bisnis, yang bisa menghidupi masyarakat sekitar,” kata Teten.

Dikatakannya, KemenKopUKM ingin memanfaatkan potensi daerah setempat, yaitu pertanian sayuran, buah-buahan dan pariwisata. Untuk itu, pihaknya mengundang pengelola wisata, agar bersinergi dalam bekerjasama memanfaatkan potensi daerah dan UMKM bergerak.

“Kita sudah analisis, bahwa pertanian disini tidak mengambil keuntungan. Kita lagi mencoba mensinergikan dengan pariwisata,” katanya.

Teten menargetkan, Oktober 2020 harus sudah ada konsep pengembangan pusat pelatihan. “Sebelumnya belum dimanfaatkan optimal. Sayang, biaya perawatan mahal. Coba dioptimalkan, paling tidak untuk menutup cost dan mendesain konsep baru UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata yang ikut mendampingi Teten mengatakan, pihaknya akan mengembangkan Grand Smesco Hills sebagai pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat) Loka Hejo yang akan digelar setiap triwulan dan meliputi 3 aspek, yaitu lokatani, lokasaji dan lokaseni. Hal tersebut menurut Leo, dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan aset KemenKopUKM.

Program tersebut, kata Leo, dijalankan dengan harapan dapat menjadi fasilitator untuk menghadirkan fasilitas maupun program berkelanjutan. Targetnya, kata Leo, ke depan produsen dan konsumen akan bertemu untuk menggerakkan perekonomian rakyat.

Ia menegaskan, Smesco Indonesia berkomitmen untuk menciptakan UMKM baru dan berkoperasi. Dimana, mereka harus melalui proses dari awal, membuat produk, memasarkan dan akhirnya bisa menjadi pengusaha sukses. (RN)