Jakarta, innews.co.id – Perusahaan pembiayaan PT Astra Sedaya Finance merasa dirugikan dengan kemunculan KlikACC yang dikeluarkan PT Aman Cepat Cermat.

Disamping pemakaian merek atau logo yang sama (ACC), keduanya juga bergerak di bidang yang sama yakni, pembiayaan.

Padahal, ACC memberi kemudahan milik Astra sudah lebih dulu muncul, bahkan disahkan oleh Dirjen HAKI. Sayangnya, Dirjen HAKI juga memberi pengesahan terhadap terhadap KlikACC yang baru mendaftar 2017 lalu.

Menurut Fajar Gora, SH., MH., Kuasa Hukum Astra Sedaya Finance, dasar gugatan adalah karena PT ACC memakai kata/logo “Klik ACC”, dimana ada persamaan pada pokoknya dengan logo Astra yaitu, “ACC memberi kemudahan”.

Fajar Gora, SH., MH., Kuasa Hukum Astra Sedaya Finance

“Astra sudah lama menggunakan logo ACC, tapi resminya mendaftarkan logo/merek “ACC memberi kemudahan” ke Ditjen HAKI sekitar Juni 2014,” jelas Fajar dalam pesannya ketika dihubungi innews di Jakarta, Jum’at (11/1/2019).

Dengan kata lain, Logo ACC yang digunakan Astra telah resmi didaftarkan dan telah disahkan oleh negara, melalui Ditjen HAKI. Pun, telah memiliki sertifikat.

Dijelaskan, karena ada persamaan pada pokoknya yaitu sama-sama memakai kata “ACC”, maka masyarakat akan mengira bahwa “Klik ACC” identik/terafiliasi dengan merek Astra yaitu, “ACC memberi kemudahan”. Hal ini sangat mungkin terjadi karena keduanya bergerak sama.

Ditanya soal kerugian yang dialami, menurut Fajar, pasti ada kerugian yang dialami Astra. “Untuk materiil harus dipastikan/dihitung terlebih dulu. Selain itu, ada kerugian immateriil yaitu, nama baik serta adanya future lost,” urai Fajar.

Mengenai tuntutan Astra, Fajar mengatakan, sebagaimana tertuang dalam petitum gugatan Astra, yang antara lain menuntut membatalkan sertifikat merek “KlikACC”. Ternyata logo tersebut baru didaftarkan pada 2017.

Dalam kasus ini, Astra tidak menuntut kerugian materiil. Saat ini, gugatan ini tengah menjalani persidangan di PN Jakarta Pusat.

Hingga berita ini dirilis, kuasa hukum PT ACC belum memberikan klarifikasi. (RN)