Sondang Tiar Debora Tampubolon Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan (Foto: MI)

Jakarta, innews.co.id – Pandemi Covid-19 belum berujung, bahkan grafiknya terus menanjak. Meski daerah zona hijau semakin banyak, namun secara kumulatif angka positif korona belum turun.

Tidak bisa dipungkiri pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian bangsa terpuruk. Meski saat ini di berbagai tempat sudah mulai diberlakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB), namun butuh waktu untuk menormalkan kondisi ekonomi.

Menyikapi kondisi demikian, Sondang Tiar Debora Tampubolon Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan mengharapkan semua elemen bangsa dapat memberi kontribusi nyata.

“Dalam situasi pandemi dan krisis seperti ini, saya meminta kepada semua elemen bangsa untuk tidak membuat gaduh dengan statement-statement, tetapi sebaliknya harus memberi kontribusi untuk memperbaiki kesehatan dan ekonomi melalui pembenahan kinerja masing-masing lembaga,” ujar Sondang kepada innews, Jumat (3/7/2020) siang.

Menurutnya, jangan perburuk kondisi bangsa dengan hal-hal yang tak sepatutnya dilakukan. Sondang menyitir ucapan Presiden AS ke-35, John F. Kennedy, “Ask not what your country can do for you, but what you can do for your country” (Jangan tanya apa yang negara bisa berikan kepadamh, tapi tanyakan apa yang kamu berikan untuk negaramu).

Sondang menambahkan, untuk saat ini butuh aksi dan tindakan nyata dari semua elemen bangsa. Baik pemerintah mulai dari tingkat pusat sampai kebawahnya, demikian juga dari legislatif sebagai pengawas. Serta masyarakat, akademisi, dan juga media.

Dengan kebersamaan, lanjutnya, diharapkan Indonesia bisa bangkit dari krisis serta lepas dari pandemi Covid-19. “Bersama kita berjuang. Dan, bersama juga kita songsong Indonesia yang lebih maju,” pungkasnya. (RN)