Melina Alaydroes Ketua Yayasan Ibnu Sina Peduli Hands for Help

Jakarta, innews.co.id – Perjuangan Raden Ajeng Kartini menjadi cermin kegelisahan kaum perempuan akan rasa ketidakadilan. Menjadi simbol perjuangan untuk menghadirkan kesetaraan antara kaum perempuan dan laki-laki.

Kini, gelapnya emansipasi masa lalu mulai terkuak. Perlahan terang telah terbit bagi kaum perempuan, dimana keseimbangan mulai nampak. Peran perempuan kian signifikan, bukan hanya melahirkan generasi bangsa yang unggul, tapi juga berperan penting bagi bangsa dan negara.

“Sejatinya, peran perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi dikecilkan. Sesungguhnya kaum perempuan telah ikut berjuang, dalam keluarga, pun di tengah bangsa dan negara,” kata Melina Alaydroes Ketua Yayasan Ibnu Sina Peduli Hands for Help dalam rilisnya kepada innews, Selasa (21/4/2020) siang.

Melina Alaydroes bersama rekan-rekan

Menurutnya, nilai-nilai penting dalam perjuangan Kartini adalah untuk memberikan hak yang seimbang dengan kaum pria untuk memajukan generasi bangsa dan hak-hak wanita dalam berumah tangga dan berkarya. Melina mencontohkan dalam mengurus rumah dan anak-anak, harusnya ada keseimbangan antara perempuan dan pria.

Terutama ditengah kondisi bangsa yang sedang menghadapi pandemi Covid-19. “Tentu wabah corona menjadi tantangan tersendiri, pun bagi kaum perempuan. Dalam hal ini, peran perempuan sangatlah besar, mulai dari menjaga kebersihan di rumah, memastikan semua anggota keluarga dalam keadaan sehat, dan memastikan suasana yang menyenangkan di rumah,” ujar Melina.

Dengan begitu, lanjutnya, kaum perempuan telah memberi kontribusi positif untuk menghentikan penyebaran Covid-19. “Perempuan kan biasanya teliti dan apik, jadi harus benar-benar memperhatikan kondisi rumah, lingkungan sekitar, serta semua anggota keluarga,” seru Direktur PT Amanah Sukses Berjaya (Adaro Indonesia Group) yang bergerak di bidang pertambangan ini.

Melina Alaydroes Ketua Yayasan Ibnu Sina Peduli Hands for Help, aktif melakukan aksi sosial

Menurut Melina, perempuan Indonesia bisa lebih memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia dengan menampilkan karya-karyanya. “Sebenarnya banyak hal bisa dilakukan kaum perempuan, baik itu bersifat sosial maupun ekonomi. Manfaatkan kebisaan kita untuk memberi sumbangsih, bagi keluarga, lingkungan, bangsa dan negara,” ajak Melina yang dikenal aktif melakukan kegiatan sosial ini.

Kepada pemerintah, Melina berharap bisa lebih mendorong kaum perempuan untuk lebih berkarya. “Buka ruang seluas-luasnya bagi perempuan untuk berkarya, di dalam maupun di luar rumah,” pinta perempuan cantik yang juga dikenal sebagai pengusaha ini.

Melina yakin dengan majunya perempuan Indonesia, maka akan dapat memberikan kontribusi yang besar kepada kemajuan bangsa Indonesia. (RN)