Jakarta, innews.co.id – Oesman Sapta Odang yang akrab disapa OSO membagikan tips yang menjadi kunci melesatkan sebuah organisasi menjadi mumpuni dalam acara Halal Bihalal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, di Lobi Gedung DPD, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Menurut OSO, perlu strategi, struktur, sistem, skill, dan speed target.

Dia mencontohkan seperti yang dilakoninya di DPD. “Kami di DPD menerapkan strategi dalam melakukan pengawasan dan Peraturan Daerah (Perda) di daerah,” ujar OSO.

Oesman Sapta Odang memberikan sambutan dalam acara Halal Bihalal DPD RI, di Jakarta, Selasa (18/6/2019)

Lainnya, struktur. “Struktur dalam organisasi sangat penting, sehingga setiap orang bisa mendapatkan prestasi jabatan. Jadi yang naik tidak itu-itu saja orangnya. Sebab, kalau demikiaj, yang prestasinya baik bisa tertutup dengan beberapa kelompok saja,” kata OSO.

Skill, menjadi sesuatu yang tak kalah penting. Orang yang ditempatkan betul-betul orang yang tepat dan mumpuni dalam suatu jabatan.

Dua hal lainnya adalah sistem dan speed target. Kedua hal ini juga penting dalam membawa DPD RI ke depan.

“Jadi lima hal ini sangat penting bagi kemajuan DPD RI,” imbuhnya.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Sekjen DPD RI, Reydonnyzar Moenek, Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis, Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam, Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Anggota DPD RI Provinsi Bengkulu Riri Damayanti, Anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris, Anggota DPD RI Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Idris, dan Anggota DPD RI Provinsi Kalimantan Selatan M. Sofwat Hadi. (RN)