Ir. Manuara Siahaan Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-Perjuangan

Jakarta, innews.co.id – Pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan, apalagi Jakarta akhir-akhir ini tengah menghadapi gelombang tinggi pandemi Covid-19. Di sisi lain, upaya pemulihan ekonomi harus dilakukan simultan, seiring dengan peningkatan kesehatan masyarakat.

Hal ini dikatakan Ir. Manuara Siahaan Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-Perjuangan kepada innews, Selasa (22/6/2021), berkenaan dengan ulang tahun Kota Jakarta ke-494. “Naiknya angka penularan Covid-19 diakibatkan karena munculnya varian baru. Selain itu ada kelengahan warga dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata Manuara lagi.

HUT Kota Jakarta ke-494

Untuk itu, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang baru saja diputuskan oleh pemerinhah pusat dan daerah harus dijalankan dengan ketat. Pengawasan di lapangan harus diikuti dengan sanksi tegas sebagaimana sudah dirumuskan dalam Perda tentang Covid-19. “Selain itu, vaksinasi kepada warga perlu dilakukan menyeluruh sehingga antisipasi pertahanan daya tahan tubuh/imun masyarakat terbentuk sedini mungkin. Manakala terpapar Covid-19, tubuh sudah dapat merespons dan segera membentuk pertahanan diri antibodi,” terang Manuara lagi.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini juga mengingatkan agar Pemprov DKI lebih memfokuskan program peningkatan pemberdayaan ekonomi rakyat yang saat ini tengah terpuruk sebagai dampak pandemi. Juga bagaimana Pemprov meningkatkan layanan sarana dan prasarana kesehatan seperti puskesmas dan sumah sakit serta rumah isolasi.

Di sisi lain, program kesehatan masyarakat terhadap penanggulangan Covid-19 harus terus ditingkatkan sampai pandemi ini melandai dan kalau bisa dihilangkan sama sekali dengan membentuk herd immunity di masyarakat.

Kepada masyarakat diingatkan, agar secara disiplin menerapkan prokes, mulai dari memakai masker, jauhi dan hindari kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan, membiasakan pola hidup bersih dan sehat. “Apabila sedang terpapar jangan panik. Boleh isolasi mandiri jika gejalanya masih ringan. Namun sebaiknya dirawat jika gejalanya semakin berat.

Lebih jauh Manuara juga mengatakan, berbagai program pemerintah daerah bisa dijalankan berbasis azas umum pemerintahan yang baik sesuai Undang-Undang, khususnya UU Administrasi Pemerintahan. “Sejauh ini, manajemen tata kelola pemerintahan Ibu Kota sudah semakin baik, terarah, dan terukur. Hanya tinggal dimaksimalkan saja,” pungkasnya. (RN)