Webinar Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Sabtu (8/8/2020)

Jakarta, innews.co.id – Di zaman sekarang ini, inovasi, kreatifitas, serta jaringan (link) menjadi sesuatu yang menentukan langkah seseorang. Pendidikan menjadi faktor pemicu tercetusnya ketiga hal tersebut.

Hal tersebut nampak dari siraman motivasi yang disampaikan para alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dalam webinar Series #4 yang mengusung tema ‘Entertainer, Enterpreneur, dan Journalist’, yang dibidani Ikatan Keluarga Alumni (Ika) FH Undip, Sabtu (8/8/2020) siang.

Tampil sebagai narasumber Otty Hari Chandra Ubayani pengusaha properti, owner OH Boutique dan Notaris/PPAT di Ibu Kota, Nurul Cinta (News Presenter Indosiar), Gustidha Budiartie (Media & Goverment Relation Specialist PT Bukit Asam Tbk), serta Caesar Gunawan (Aktor dan Presenter).

Dalam paparannya, Otty Ubayani dengan lugas menguraikan betapa kondisi perekonomian secara nasional di masa pandemi Covid-19 ini tengah terpuruk. “Meski begitu, tidak lantas membuat kita menyerah pada keadaan. Sebaliknya, itu harus memacu kita menjadi kreatif dan inovatif untuk mencari peluang-peluang terbaik sehingga bisa bertahan dan tidak terpuruk,” urainya.

Otty mencontohkan, OH Boutique yang dibangunnya sampai harus banting setir, memproduksi masker dengan motif-motif menarik. Terbukti, ia banjir permintaan. Tidak itu saja, ia juga melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah dunia properti.

Sementara itu, Nurul Cinta menguraikan pengalamannya menjadi jurnalis hingga kini dipercaya menjadi produser news untuk Patroli, Fokus, Halo Polisi, dan Jejak Kasus di Indosiar “Dalam menjalani karir kita harus mencintai apa yang kita lakukan. Dengan begitu, maka kita bisa melakukan dengan kesungguhan hati,” ujarnya.

Pengalaman sebagai jurnalis juga dikisahkan Gustidha Budiartie yang lebih dari satu dasawarsa berkarir sebagai jurnalis investigasi di Majalah Tempo. “Saya menyukai dunia jurnalis dengan segala tantangannya,” akunya. Meski kini ia harus rehat dan memilih berkarir di PT Bukit Asam Tbk.

Di sesi terakhir, Caesar Gunawan mengungkapkan, meski dirinya berkarir sebagai presenter, namun ilmu hukum yang ia pelajari tetap berguna. “Mungkin pada akhirnya kita bekerja tidak sesuai dengan background pendidikan. Namun, yakinlah apa yang pernah kita pelajari pastilah ada manfaatnya,” tukasnya.

Pada bagian lain, Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, Ph.D., Sekretaris Jenderal IKA FH Undip kepada innews mengatakan, secara marathon IKA FH Undip telah melakukan sharing profesi melalui webinar. “Sejumlah tema telah diangkat, antara lain, Dinamika ruang sidang, Coorporate dan Notaris, Pengabdian abdi negara, Entertainer, Enterprenuer, dan Journalist, serta TNI – Polri,” kata Kresno.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan, baik bagi fresh graduated maupun mahasiswa FH Undip.

“Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab dari alumni kepada adik-adik mahasiswa untuk memberi motivasi, informasi, peluang, dan tantangan dari berbagai profesi,” tuturnya.

Kresno berharap melalui kegiatan ini, para mahasiswa maupun fresh graduated tidak gamang dalam menapaki masa depan, khususnya setelah lulus dari universitas. (RN)