Desmon Hastiono Sekretaris Jenderal DPP IKA Undip (kiri bertopi) mewakili Ketua Umum DPP IKA UNDIP saat menyerahkan bantuan dari IKA UNDIP dan Djarum Foundation kepada RS dr. Kariadi, Semarang, Senin (6/4/2020)

Semarang, innews.co.id – Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) bersama Djarum Foundation menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada 2 rumah sakit yakni, RS dr. Kariadi dan RS Pendidikan Undip di Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/4/2020).

Bantuan yang secara simbolis diserahkan oleh Desmon Hastiono Sekretaris Jenderal DPP IKA Undip mewakili Ketua Umum DPP IKA UNDIP bersama Purnomo Nugroho dan Arvi perwakilan dari Djarum Foundation ini diterima langsung oleh dr. Agus Suryanto, SpPD., Direktur Utama RS Kariadi diampingi oleh Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian dr. Dodik Tugasworo Pramukarso, SpSK., yang juga Ketua DPD IKA UNDIP Jawa Tengah. Sementara untuk RS Pendidikan Undip diterima oleh Dr. dr. Dwi Pujonarko, SpSK., Dekan Fakultas Kedokteran Undip.

Suasana penyerahan bantuan dari IKA UNDIP dan Djarum Foundation kepada RS dr. Kariadi dan RS Pendidikan Undip di Semarang, Senin (6/4/2020)

“Pemerintah tidak mungkin sendiri dalam menangani virus corona ini. Perlu partisipasi aktif dari elemen-elemen masyarakat untuk ikut serta membantu, baik dari BUMN, Perusahaan Swasta, Perkumpulan Masyarakat, Yayasan, Tokoh Masyarakat, maupun masyarakat secara langsung pada umumnya. Untuk itulah, IKA Undip terpanggil melakukan aksi sosial ini bersama Djarum Foundation,” terang Desmon dalam rilisnya, Senin (6/4).

Tidak itu saja, lanjut Desmon, IKA Undip terus melakukan penggalangan dana, baik yang dilakukan oleh alumni Fakultas, Jurusan, Komunitas yang ada pada jajaran IKA Undip. Hasil pengumpulan dana ini akan disumbangkan kepada jajaran IKA Undip di berbagai daerah yang sangat memerlukan APD untuk selanjutnya disalurkan ke rumah sakit di wilayahnya.

“Selain itu, secara aktif IKA Undip juga melakukan penggalangan dana bersama organisasi alumni Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Himpuni). Alhamdulillah, pada Kamis, (3/4) yang lalu, Himpuni telah melakukan aksi sosial di Jakarta, dengan mendatangi dan menyumbang alat-alat medis, yaitu masker dan hand sanitizer melalui berbagai Rumah Sakit, Puskesmas, Komunitas Masyarakat (di Terminal dan Halte). Semua berjalan lancar dan banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat,” ungkap Desmon.

IKA UNDIP gandeng Djarum Foundation dalam memberikan bantuan terkait wabah Covid-19 kepada 2 rumah sakit di Semarang, Senin (6/4/2020)

Mengingat masih mewabahnya Covid-19, jajaran IKA UNDIP tetap terus melakukan upaya penggalangan dana. “Pada saat yang sama, kita akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, suatu kondisi socioreligius yang selama ini selalu disiapkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat,” lanjut Desmon.

IKA Undip juga mengapresiasi keikutsertaan Djarum Foundation dalam aksi sosial ini. “Kami mengajak seluruh elemen masyarakat agar terbeban dan terlibat dalam aksi-aksi sosial, khususnya membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Demikian juga untuk kalangan medis yang membutuhkan banyak bantuan.

Pada kesempatan itu diserahkan 75 APD kepada RS dr. Kariadi dan RS Pendidikan Undip. “Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi petugas, dokter, dan paramedis dalam menangani dan melayani masyarakat, dengan suasana yang sehat dan menyehatkan,” imbuhnya.

Penyerahan bantuan alat pelindung diri (APD) dari IKA UNDIP dan Djarum Foundation kepada RS dr. Kariadi dan RS Pendidikan Undip di Semarang, Senin (6/4/2020)

Sementara itu Purnomo Nugroho Public Affair Djarum Foundation saat dihubungi berharap dengan bantuan ini, para tenaga medis lebih terlindungi dan meningkatkan rasa aman dalam melayani para pasien wabah Covid-19. “Kita sama-sama berdoa dan berharap akan situasi ini tidak berkepanjangan,” tukas Purnomo. (RN)