Jakarta, innews.co.id – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah menyerahkan lima nama calon Kapolri ke Presiden Joko Widodo. Nama-nama tersebut sama-sama memiliki pangkat Komisaris Jenderal Polisi atau jenderal berbintang tiga.  

Dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (8/1/2021), Ketua Kompolnas yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, mengatakan, “Lima nama jenderal bintang tiga yang diusulkan kepada Presiden Jokowi. Tidak ada yang masih bintang dua. Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang”.

Mahfud menyebutkan kelima Calon Kapolri tersebut yakni, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Ammar, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kalemdiklat Komjen Pol Arief Sulistyanto, dan Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto.

Menurutnya, usulan tersebut sudah disampaikan kepada Presiden RI pada Kamis, 7 Januari 2021. Selanjutnya, pekan depan Presiden Joko Widodo akan meneruskan salah satunya kepada DPR untuk dimintakan pertimbangan. (RN)