Kapolda DIY baru Irjen Pol Suwondo Nainggolan (kanan) bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Kapolda DIY lama Irjen Pol Asep Suhendar

Jakarta, innews.co.id – Jabatan Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Kapolda DIY) telah resmi diserahterimakan dari pejabat lama Irjen Pol Drs Asep Suhendar, M.Si., kepada pejabat Kapolda DIY baru Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., MH., di Mapolda DIY, Jumat, 21 Oktober 2022.

Acara yang berlangsung dengan suasana kekeluargaan ini berjalan khidmat dan penuh keharuan. Selanjutnya, Irjen Pol Asep akan memasuki masa purnatugas.

Serah terima Kapolda DIY antara pejabat lama Irjen Pol Drs Asep Suhendar, M.Si., kepada pejabat Kapolda DIY baru Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., MH., di Mapolda DIY, Jumat, 21 Oktober 2022

Dalam siaran pers yang dirilis Polda Yogyakarta disebutkan, Irjen Pol Asep menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolda DIY selama ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, Forkopimda DIY, anggota Polda DIY dan jajaran serta masyarakat dalam menjaga keamanan ketertiban di DIY,” ujarnya. Irjen Pol Asep yang telah menjabat sebagai Kapolda DIY kurang lebih selama dua tahun 10 bulan tersebut juga memohon maaf sekaligus meminta doa restu kepada seluruh pihak agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan.

Sementara itu, Kapolda DIY yang baru Irjen Pol Suwondo Nainggolan, mengapresiasi dedikasi Irjen Pol Asep Suhendar beserta Ny. Dhani Asep Suhendar dalam menjalankan tugas, sehingga Polda DIY menorehkan prestasi dan berdampak terhadap situasi Kamtibmas yang kondusif di DIY.

Suwondo juga mengajak semua pihak untuk dapat bekerjasama dalam menghadapi tantangan tugas ke depan, menjaga situasi DIY tetap aman dan tentram. “Kesempatan ini saya meminta dukungan dan kerjasamanya dalam menghadapi tantangan tugas ke depan,” harapnya.

Penyerahan pataka kepada Kapolda DIY yang baru

Pada kesempatan yang sama juga diberikan Laporan Kesatuan (Lapsat) dari Kapolda DIY lama kepada pejabat yang baru. Irjen Pol Asep juga memaparkan situasi di lingkungan Polda DIY dan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda DIY.

Selama ini, Polda DIY telah banyak meraih keberhasilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai macam kegiatan.

Dirinya juga memberikan gambaran mengenai hal-hal yang menjadi fokus perhatian Polda DIY ke depan, agar nantinya bisa melayani masyarakat dengan lebih baik lagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso, SH., S.I.K., seluruh Pejabat Utama Polda DIY dan para Kapolres/ta jajaran Polda DIY.

Sementara itu, ikut melakukan serahterima antara Ny. Dhani Asep Suhendar kepada Ny. Novi Suwondo Nainggolan, sebagai Ibu Asuh Polwan Polda DIY.

Penyerahan laporan kesatuan

Dalam sambutannya, Ny. Dhani Asep Suhendar menuturkan bahwa selama menjabat Ibu Asuh Polwan, dirinya selalu mendorong Polwan untuk berani tampil ke publik dan berani bersaing dengan Polki (polisi laki-laki).

Istri Kapolda DIY yang lama ini yakin dengan hadirnya Ibu Asuh yang baru, Polwan Polda DIY dapat lebih kompak, asah, asih, asuh untuk membangun negeri khususnya DIY.

“Biarlah kita menjadi wanita bak bunga melati, yang mewangi untuk ibu pertiwi,” tuturnya.

Sementara itu dalam sambutan Ibu Asuh Polwan Ny. Novi Suwondo Nainggolan menuturkan bahwa dirinya akan meneruskan upaya-upaya positif yang telah dilakukan Ny. Dhani Asep selama ini. Ny. Novi Suwondo juga mengucapkan terimakasih dan selamat memasuki masa purna tugas kepada Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M.Si.

“Semoga karya dan karsa menjadi ibadah yang indah, dan semoga senantiasa dalam perlindungan tuhan,” harapnya.

Kapolda DIY yang baru Irjen Pol Suwondo Nainggolan tengah diterima Gubernur dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta

Sehari sebelumnya, Kapolda DIY lama menghantarkan Kapolda DIY baru menghadap Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Pertemuan berlangsung hangat, Sri Sultan didampingi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

Pada kesempatan itu, Gubernur DIY berharap Kapolda baru bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama dalam memberikan ketertiban dan keamanan bagi warga Yogya. “Kami menyambut baik kehadiran Pak Kapolda yang baru. Kami berharap bisa terus bersinergi dalam memelihara ketertiban dan memberi rasa aman, baik bagi warga Yogyajarta maupun para pendatang,” kata Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Sementara itu, Kapolda DIY yang baru Irjen Pol Suwondo Nainggolan berterima kasih untuk sambutan Sri Sultan yang penuh kekeluargaan. “Ini tentu memotivasi saya untuk memberikan kinerja terbaik, sehingga Polda DIY selalu di hati masyarakat,” tukasnya.

Irjen Pol Suwondo Nainggolan tercatat sebagai salah satu jenderal bintang dua termuda di Indonesia. Karirnya begitu gemilang. Tak heran, Kapolri menempatkannya sebagai Kapolda DIY, berdasarkan surat telegram rahasia Kapolri Nomor: ST/2.2.2.4/KEP/2022 tertanggal 14 Oktober 2022.

Pria kelahiran 26 April 1972 ini merupakan lulusan Akpol 1994 yang memiliki pengalaman di bidang reserse. Karirnya terus menanjak dari waktu ke waktu.

Tercatat Suwondo pernah menduduki jabatan sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi; Kapolsek Metro Setiabudi, Jaksel; Kasat Reskrim Polres Metro Jakpus; Kasubdit V/Korupsi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya; Pamen Polda Metro Jaya (2011); Kasubdit I/Kamneg/Ditreskrimum Polda Metro Jaya (2013); Kapolres Karimun (2014); Wakapolresta Barelang (2015); Kasubdit V Dittipidum Bareskrim Polri (2016); Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri; Dirresnarkoba Polda Metro Jaya (2017); Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri (2019); Koorspripim Polri (2019); Karobinkar SSDM Polri (2020); Kakorbinmas Baharkam Polri (2020); dan Kapolda DIY (2022). (RN)