Markus (kanan) bersama sahabatnya Grolus Sitanggang, jurnalis Kristen yang menerima bantuan langsung dari ICRP, Selasa (17/5/2020)

Jakarta, innews.co.id – Dunia wartawan juga terdampak Covid-19. Kinerja banyak jurnalis pun menurun di masa pandemi ini. Sebagai bentuk rasa solidaritas, Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), organisasi kemasyarakatan lintas iman, secara khusus memberi bantuan paket sembako kepada sejumlah awak media di Jakarta, Selasa (19/5/2020) siang.

Paket sembako yang berisi beras, gula, minyak, mie instan, kecap, kacang hijau, dan telur, dibagikan langsung kepada para jurnalis oleh Direktur Eksekutif ICRP Franky Tampubolon.

“Pandemi Covid-19 telah menyebabkan keadaan darurat di Indonesia. Dimana-mana orang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tidak hanya kelompok bawah, masyarakat menengah juga ikut mengalaminya. Oleh karena itu, yang dibutuhkan sekarang ini adalah saling tolong menolong, karena semua mengalami kesulitan, tanpa terkecuali, dan spektrumnya sangat luas sekali,” ujar Franky.

Dikatakannya, ICRP bekerjasama dengan jaringan lembaga lintas iman guna menyalurkan bantuan ke semua lapisan masyarakat, tanpa memandang latar belakang. “Menariknya, kami semua saling mengisi dan sharing jika ada yang kesulitan. Memang semua orang mengalami kesulitan, termasuk tokoh-tokoh agama, seperti pendeta, guru ngaji, dan lainnya. Kami juga sudah memberi bantuan ke pesantren, panti asuhan, juga gereja. Sekarang kami tambah senang karena bersama teman-teman lintas agama bisa membantu rekan-rekan jurnalis Kristen,” jelasnya.

Apresiasi tinggi diberikan para jurnalis Kristen. “Bantuan ini sangat berarti karena walau bagaimanapun tidak dipungkiri kehidupan banyak jurnalis terimbas pandemi ini,” kata Immanuel dari Lenterakristiani.com. (IN)