Edison Manurung Ketum DPP KMDT tengah diwawancarai jurnalis televisi di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (24/2/2020)

Jakarta, innews.co.id – Siang itu, Senin (24/2/2020), mendadak suasana hiruk pikuk di Gedung MPR/DPR, Jakarta. Asap putih membumbung tinggi, sementara sejumlah anggota dewan maupun para tamu tampak panik dan berlarian ke luar gedung. Sementara petugas keamanan lokal tampak sibuk mengurus kebakaran.

Menurut saksi mata, Edison Manurung, SH., MM., Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), asap tampaknya berasal dari lantai 9, dan langsung menjalar ke ruangan atas. “Saya lagi rapat terbatas (ratas) dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, membahas soal pendirian Universitas Tapanuli Raya (Utara), agenda acara pengukuhan pengurus KMDT di Kabupaten Tobasa, 6 Maret 2020 ini, serta acara DPP KMDT di Gedung Kemensos, 3 April 2020 nanti. Ketika itu, suasana langsung hingar bingar,” ujarnya.

Edison sendiri mengaku, begitu tahu ada banyak asap, ia langsung memanggil pamdal untuk segera membantu mensterilkan tempat, khususnya di ruangan Ketua MPR.

“Puji Tuhan, saya bisa selamat dan langsung turun ke bawah. Asap itu membuat nafas sesak juga,” akunya. Saat di lantai bawah, Edison langsung dikerubungi awak media.

Usai memberikan keterangan kepada para jurnalis, beberapa kali Edison menerima telepon. Saat ditanya, Edison mengaku, dihubungi Moeldoko,Tjahjo Kumolo, dan sejumlah pejabat lainnya, untuk menanyakan soal kebakaran di Gedung MPR/DPR. (RN)