Saraswati Djojohadikusumo kritik pemerintah tangani korban gempa Lombok

Jakarta, innews.co.id – Aksi brutal yang dilakukan para bobotoh–sebutan untuk supporter Persib–yang mengakibatkan tewasnya Haringga Sirilia (23) dikecam keras oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

“Ini memprihatinkan buat kita semua. Perlu ada tindakan tegas kepada pelaku, dan pemerintah sudah harus mengambil kebijakan yang terukur agar kasus seperti ini tidak terulang kembali,” ujar Rahayu dalam siaran persnya yang diterima Rabu (26/9).

Dia mendukung setiap langkah kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tewasnya Haringga dan berharap keadilan bisa ditegakkan kepada setiap pelaku.

Ia juga menghimbau kepada para pendukung sepakbola di Indonesia untuk dapat menahan diri dan menunjukan sportivitas sebagai contoh yang patut diteladani.

“Sepakbola itu olahraga rakyat. Kita semua harus turut serta dalam  pembentukan karakter masa depan bangsa,” ujarnya.

Rahayu menyarankan PSSI dan pemerintah belajar cara menangani pendukung dari penyelenggara liga-liga besar dan maju di Eropa. Baik itu komite sepakbola maupun klub sepakbola memiliki aturan yang ketat bagi perilaku suporternya.

“Ketegasan klub terhadap pendukung dibutuhkan, bukan hanya Persib atau Persija, tapi semua klub yang ada. Dalam hal ini, saya berharap adanya ketegasan terhadap klub yang pendukungnya melakukan kekerasan dan tentunya kita perlu mengingatkan adanya keterlibatan orang tua dalam pembinaan terutama bagi para pelaku yang masih anak-anak,” tegasnya.

Haringga merenggang nyawa dikeroyok pendukung Persib Bandung di area parkir Gelora Bandung Lautan Api menjelang laga Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang mempertemukan Maung Bandung kontra Macan Kemayoran, Minggu (23/9). (RN)