Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin

Jakarta, innews.co.id – Guna mengejar ketertinggalan dari daerah lain, pemerintah akan melaksanakan 7 program prioritas di Tanah Papua. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin melalui konferensi video, Selasa (22/6/2021). “Ini sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020, di mana pemerintah merumuskan program prioritas dalam pembangunan sumber daya manusia di wilayah Papua dan Papua Barat,” kata Wapres.

Dia menjelaskan ada tujuh sektor strategis yang menjadi program quick wins 2021-2022 untuk membangun kesejahteraan masyarakat Papua. Pertama, di bidang pendidikan melalui Papua Pintar, yang membutuhkan dukungan dari Universitas Cenderawasih sebagai think tank, terutama dalam membangun sumber daya manusia Papua.

Kedua, Papua Sehat sebagai solusi atas permasalahan sulitnya akses masyarakat Papua terhadap fasilitas dan layanan kesehatan. Antara lain melalui peningkatan RSUD di 7 wilayah adat, pengembangan infrastruktur Papua, penguatan puskesmas dan penampungan anak terlantar.

Ketiga, Papua Mandiri yang merupakan wujud pengembangan komoditas unggulan, yang mencakup kawasan wisata dan pengembangan usaha masyarakat Papua. Keempat, Papua Tersambung sebagai upaya konektivitas jalur di Papua, yang sifatnya mempermudah akses komunikasi dan transportasi bagi masyarakat Papua.

Kelima, Papua Terang, yakni upaya pemerintah dalam memberikan akses listrik di seluruh wilayah Papua serta bekerja sama dalam membangun energi baru terbarukan dengan stakeholders terkait. Keenam, Papua Berkarya yang menjadi langkah pemerintah dalam memajukan sumber daya manusia Papua, agar dapat berkarya di industri nasional.

Ketujuh, Papua Bangga yang mengangkat aspek sosial-budaya Papua dan menjadi ciri khas tanah Papua. “Pembangunan rumah budaya Papua, pusat diklat berbasis lembaga keagamaan, manajemen talenta Papua, industri bio creative hub. Ini masuk di sini semua,” kata Wapres. (RN)