Banjarmasin, innews.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM  meminta Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dapat segera menambah gudang baru bagi UKM petani penghasil komoditas padi dan dan jeruk, di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalsel. Langkah ini sebagai jawaban atas keluhan para petani setempat.

Hal itu dikatakan Asisten Deputi Pengembangan Investasi Usaha, pada Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kemkop dan UKM, Sri Istiati, “Gudang baru ini diperlukan lantaran gudang yang sudah ada tak mampu menampung hasil panen petani”.

“Kami mendengar keluarga dari para petani anggota koperasi bahwa jika masa panen raya,  gudang tidak dapat mampu lagi menampung hasil panen,” kata Sri di Banjarmani, beberapa waktu lalu.

Menurut Sri, Kemkop dan UKM mendorong peningkatan kerjasama investasi usaha dan peningkatan pemanfaatan program sistem resi gudang khususnya bagi petani anggota koperasi dan UMKM yang berada di Batola. Kabupaten ini merupakan penghasil beras dan buah jeruk terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan, karena hampir seluruh masyarakatnya adalah petani. (RN)