Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino

Jakarta, innews.co.id – Raden Ajeng Kartini telah menjadi sumber inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan bangkit dari kondisi yang sulit sekalipun.

“Perjuangan yang dilakukan Kartini harus diteladani oleh segenap kaum perempuan di Indonesia. Kondisi sulit yang dialami ketika itu, tak menyurutkan niatnya untuk membangun peradaban baru bagi kaum Hawa dan selanjutnya bagi bangsa Indonesia,” ujar Wibi Andrino Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, dalam rilisnya kepada innews, Rabu (21/4/2021), terkait Hari Kartini.

Dia mengatakan, melalui bukunya ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’, membuktikan bahwa perjuangan emansipasi perempuan sudah demikian panjang. Dan, Kartini adalah sosok pahlawan nasional dalam hal emansipasi.

Memperingati Hari Kartini, Wibi berpesan agar kaum hawa, di Jakarta, dan juga di seluruh Indonesia, untuk tetap semangat dan bangkit, meski pandemi Covid-19 masih menghantui Jakarta dan juga wilayah-wilayah lain di Indonesia.

“Selamat Hari Kartini bagi para Wanita Indonesia. Tetap menjadi wanita terbaik yang kuat, berprestasi dan penuh semangat. Mari jadikan semangat RA Kartini untuk membuat kaum perempuan tetap berkarya dan bangkit,” kata Wibi lagi.

Kartini, lanjutnya, sosok perempuan ningrat asal Jepara, Jawa Tengah. Dia tokoh pembela hak dan kesetaraan perempuan pribumi melalui surat-menyurat dengan teman-temannya di Eropa pada era kolonial Belanda.

Kumpulan suratnya dalam Bahasa Belanda kemudian diterjemahkan dan diterbitkan dalam bentuk buku berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang menjadi sumber inspirasi para pegiat hak perempuan hingga kini.

Pada Mei 1964, Presiden Sukarno menetapkan Kartini sebagai pahlawan kemerdekaan dan tanggal kelahirannya sebagai perayaan mengenang perjuangan perempuan itu, yang dikenal dengan Hari Kartini. (RN)