Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Ketua Umum DPP KMDT saat bertemu di Papua

Papua, innews.co.id – Menempuh perjalanan kurang lebih 8 jam dari Medan ke Papua, akhirnya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi beserta istri tiba di pulau ujung Timur Indonesia. Kehadiran Gubsu untuk bertemu langsung dengan atlet-atlet Sumatera Utara yang berlaga di PON XX Papua.

Di Papua, Gubsu juga berkesempatan bertemu dengan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Edison Manurung yang turut hadir bersama istri untuk menyaksikan sejumlah pertanding, sekaligus mengikuti penutupan PON XX Papua.

“Pertemuan dengan Gubsu dan ibu penuh kekeluargaan. Banyak hal kami perbincangan. Mulai dari menganalisa prestasi atlet-atlet asal Sumut sampai pada pembahasan terkait program-program KMDT, baik yang akan diimplementasikan di Papua maupun Sumut,” ujar Edison dalam keterangannya kepada innews, Kamis (14/10/2021).

Edison mengaku, dirinya juga mendampingi Gubsu saat bertemu dengan warga asal Sumut yang berdomisili di Papua. “KMDT coba menginisiasi silahturahmi warga asal Sumut yang ada di Papua dengan Gubsu. Mereka rindu bertemu dengan orang nomor satu di Sumut,” kata Edison lagi.

Dia mengatakan, kehadiran Gubsu tidak hanya menyemangati atlet-atlet Sumut yang masih berlaga di detik-detik terakhir PON XX Papua, tapi juga menjawab kerinduan warga asal Sumut untuk saling sharing dan berbagi pengalaman bagaimana hidup merantau.

“Saya juga membicarakan sejumlah program KMDT, salah satunya adalah menggelar ‘Tour the Toba 2022’. Dan, respon Gubsu sangat positif dan mendukung sekali,” jelasnya.

Dukungan dari Pemprovsu tentu membuat KMDT tambah bersemangat dan meyakini ‘Tour the Toba 2022’ menjadi wahana tepat untuk mendatangkan wisatawan dalam dan luar negeri.

Dalam kunjungan ke Papua, Gubsu juga menemui para pengurus KMDT, baik di provinsi maupun kabupaten/kota yang telah terbentuk. (RN)