Masyarakat Indonesia Maju (MIM) dipimpin Ketua Umumnya Dona Yurike Sidabutar secara langsung melihat perkebunan pepaya California dan tambak ikan bandeng di daerah Serang, Banten, Sabtu (6/11/2021)

Banten, innews.co.id – Optimalisasi hasil pertanian dan perikanan perlu dilakukan agar kesejahteraan masyarakat bisa meningkat, baik melalui pemanfaatan teknologi maupun pola tanam yang benar.

“Masyarakat Indonesia Maju terus bergerak turun ke masyarakat untuk melihat langsung persoalan yang dihadapi dan mencarikan solusinya,” kata Dona Yurike Sidabutar Ketua Umum Masyarakat Indonesia Maju (MIM)–ormas yang concern terhadap pemberdayaan masyarakat, saat menyambangi Desa Jambu Karya, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (6/11/2021).

Didampingi Ronistra Ginting Ketua Bidang Pertanian MIM dan pengurus DPD Kabupaten Serang dan Tangerang, Dona berdialog langsung dengan para petani dan melihat budidaya pepaya California di tempat tersebut.

Ketua Umum Masyarakat Indonesia Maju (MIM) Dona Yurike Sidabutar didampingi para pengurus menyusuri gang-gang sempit menuju ke tambak ikan bandeng, di wilayah Sawah Luhur Banten, Sabtu (6/11/2021)

“Kami melihat ada persoalan yang dihadapi sehingga tanaman pepaya California tidak merata pertumbuhannya. Salah satunya adalah kurangnya air. Tentu kita akan bantu carikan solusinya agar air dapat dialirkan dengan baik ke perkebunan tersebut,” ujar Dona.

Selain itu, lanjutnya, rumput-rumput yang tumbuh di sekitar pohon pepaya juga harus dibersihkan tanpa harus berdampak pada pohon pepayanya.

Sementara itu, Ronistra Ginting mengatakan, dari sisi tanah cukup adaptif untuk ditanami pepaya. Hanya saja perlu sentuhan sedikit teknologi untuk membuat tanaman bisa tumbuh lebih baik lagi.

Suasana dialog para pengurus MIM dengan para petani

“Kami dari DPP MIM berharap bisa membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi,” tukasnya.

Rombongan DPP MIM juga berkesempatan melihat langsung tambak ikan bandeng di daerah Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Banten. Meski melalui gang-gang kecil di perumahan warga, namun rombongan tampak semangat untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat. (RN)